skip to Main Content
BERITA INDUSTRI KIMIA, FARMASI, DAN TEKSTIL

Berita terkini seputar perkembangan industri kimia, farmasi, dan tekstil

  • All
  • BGNL
  • Kimia Hilir
  • Kimia Hulu
  • Tekstil Kulit

Safeguard Perbaiki Rasio Konsumsi Kain Produksi Dalam Negeri

Pada tanggal 12 September 2019 Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) mengajukan permohonan kepada Komite Pengamanan Indonesia (KPPI) untuk melakukan penyelidikan dalam rangka pengenaan Tindakan Pengamanan Perdagangan (Safeguard). API menilai bahwa kondisi produsen kain dalam keadaan injury dan mengalami kerugian serius akibat lonjakan impor yang terjadi sejak tahun 2016. Industri tekstil pada keadaan kritis karena mengalami kesulitan…

Kebijakan Penganggaran Dan Strategi Mendorong Implementasi Sustainable Fashion Dan Circular Economy Pada Industri Tekstil Dan Produk Tekstil

Oleh : Andi Susanto, Fungsional Analis Anggaran Ahli Muda Direktorat Industri Tekstil, Kulit dan Alas Kaki Industri tekstil dan produk tekstil menjadi bagian terpenting dari berkembangnya industri fesyen di seluruh dunia. Sejak tahun 2000, peningkatan konsumsi fesyen meningkat hampir 60% setiap tahunnya disebabkan pola dan gaya hidup konsumen yang tidak lagi menggunakan dan menyimpan pakaian…

Progres Pelaksanaan Kegiatan Dan Anggaran Program Restrukturisasi Mesin/Peralatan Industri Penyempurnaan Kain Dan Pencetakan Kain TA 2022

Oleh : Andi Susanto, Fungsional Analis Anggaran Ahli Muda Direktorat Industri Tekstil, Kulit dan Alas Kaki   Kementerian Perindustrian Republik Indonesia c.q Direktorat Jenderal Industri Kimia Farmasi dan Tekstil pada tahun anggaran 2022 kembali melaksanakan Program Restrukturisasi Mesin/Peralatan Industri Penyempurnaan Kain dan Pencetakan dalam rangka  mengakselerasi peningkatan kinerja  industri TPT di pasca pandemi Covid-19, menjadi…

Kebijakan, Penganggaran Dan Strategi Implementasi Making Indonesia 4.0 Sektor Tekstil Dan Busana

Oleh : Andi Susanto, Fungsional Analis Anggaran Ahli Muda Direktorat Industri Tekstil, Kulit dan Alas Kaki   Saat ini industri berproduksi dengan menghadapi kompetisi global dan membutuhkan kecepatan adaptasi dari sisi produksi untuk memenuhi permintaan pasar yang sangat cepat berubah. Hal ini hanya bisa didapatkan dengan melakukan pengembangan yang ekstrim terhadap teknologi manufaktur saat ini.…

Tahun 2021, Menperin: Sektor Industri Masih Jadi Penopang Utama Ekonomi

Kementerian Perindustrian fokus untuk terus membangun sektor industri manufaktur yang berdaulat, mandiri, berdaya saing, dan inklusif. Namun demikian, pandemi Covid-19 memberikan dampak terhadap upaya dalam rangka mencapai sasaran prioritas nasional tersebut.

Bangkit dari Pandemi, Sembilan Industri TPT Ekspansi Senilai Rp10,5 Triliun

Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) terus berupaya bangkit di tengah tekanan dampak pandemi Covid-19. Berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0, industri TPT merupakan salah satu sektor yang mendapat prioritas pengembangan karena memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian.

Sektor Halal Kian Tumbuh, Industri Fesyen Muslim Nasional Jadi Top 3 Dunia

Perkembangan industri halal di tanah air semakin tumbuh dan berkinerja gemilang dalam dua tahun terakhir, dan punya kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional. Merujuk data State of the Global Islamic Economy Report 2020-2021, Indonesia saat ini ada di peringkat keempat di sektor makanan (halal food), naik delapan peringkat dibanding posisi sebelumnya.

Kemenperin Pacu Pengembangan Industri Rendah Emisi Karbon

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memacu implementasi industri hijau di tanah air. Salah satu upaya yang dilakukan dengan menggelar berbagai kegiatan untuk menggandeng para pelaku industri dan para stakeholder lainnya, termasuk para akademisi agar berkolaborasi bersama-sama mewujudkan industri dalam negeri yang rendah emisi karbon dan ramah lingkungan.

Sertifikasi TKDN Kemenperin Lampaui Target

Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) memberikan dampak besar terhadap produktivitas dan daya saing industri. Di industri hulu migas misalnya, berkat sertifikasi TKDN, sektor industri kecil dan menengah (IKM) yang mendukung industri migas telah menghasilkan total nilai kontrak hingga lebih dari Rp11 triliun sepanjang tahun 2020 – 2021.

Optimalkan Dukungan Bagi Sektor Industri, Menperin Lantik Empat Pejabat Eselon I

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasmita melantik empat Pimpinan Tinggi Madya atau Pejabat Eselon I di lingkungan Kementerian Perindustrian(Kemenperin) di Jakarta, Rabu (15/12). Menperin menyampaikan, para Pejabat Eselon I yang dilantik wajib melakukan akselerasi program dan kebijakan strategis dalam upaya pembangunan industri dan pemulihan ekonomi nasional.

Kemenperin Dukung Chandra Asri Bangun Kompleks Kedua Petrokimia

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menjalankan kebijakan substitusi impor 35% pada 2022, salah satunya untuk memperdalam struktur industri manufaktur di dalam negeri, termasuk mengembangkan industri hulu. Di sektor petrokimia, Kemenperin mendukung perusahaan industri petrokimia PT Chandra Asri Petrochemical (PT CAP) dalam pembangunan proyek kompleks petrokimia yang kedua dengan nilai investasi mencapai USD5 Miliar.

Kemenperin Terus Wujudkan Kemandirian dan Substitusi Impor Industri Farmasi

Kementerian Perindustrian telah menginisiasi kebijakan substitusi impor sebesar 35 persen pada tahun 2022. Kebijakan ini bertujuan untuk memperbaiki neraca perdagangan nasional, terutama bagi bahan baku dan bahan penolong yang menjadi tulang punggung industri pengolahan nasional.

Strategi Kemenperin Susun Kebijakan Pengawasan Internal

Fungsi pengawasan internal harus mampu mengawal ketercapaian target-target kementerian secara efektif, efisien dan tentu saja akuntabel. Inspektorat Jenderal Kementerian Perindustrian memiliki kewajiban menyusun perencanaan pengawasan yang salah satunya adalah menyusun kebijakan pengawasan intern. Hal ini sesuai dengan amanah Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 52 Tahun 2018 tentang Tata Kelola Pengawasan Intern di lingkungan Kementerian Perindustrian.

Indonesia Kembali Dipercaya Jadi Official Partner Country Hannover Messe 2023

Setelah sukses menjadi Official Partner Country pada Hannover Messe 2021: Digital Edition, Indonesia kembali dipercaya untuk menjadi Official Partner Country Hannover Messe 2023. Kesempatan emas ini merupakan momentum yang baik bagi Indonesia sebagai ajang branding nasional, serta mendorong peningkatan kapabilitas manufaktur dan pembangunan infrastruktur digital Indonesia.

Kemenperin Gulirkan Program Penggantian Potongan Harga Mesin Industri TPT

Kementerian Perindustrian melakukan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kinerja industri tekstil dan produk tekstil (TPT) agar lebih produktif dan berdaya saing di tengah hantaman dampak pandemi Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan adalah Program Penggantian Potongan Harga Mesin Industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT).

Potret Rencana Penganggaran Dit. ITKAK Tahun 2022 Dalam Rangka Pemulihan dan Pengembangan Industri Tekstil, Kulit dan Alas Kaki

Industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) adalah Salah satu kelompok industri pengolahan yang dikategorikan sebagai industri strategis dan prioritas Nasional sesuai dengan Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN). Industri ini menjadi penghasil devisa dengan perkiraan nilai ekspor pada tahun 2020 sebesar US$ 10,55 miliar dan menyerap tenaga kerja sejumlah 3,43 juta orang. Sedangkan produk alas kaki, kulit dan barang jadi kulit nilai ekspornya mencapai USD 5,42 M dengan penyerapan tenaga kerja 700 ribu orang.

Lewat Program DAPATI, Kemenperin Optimalkan Serat Alam Jadi Bahan Baku Tesktil

Kementerian Perindustrian terus mendorong peningkatan kemampuan industri dalam negeri agar bisa lebih berdaya saing global. Sektor yang turut dipacu adalah industri kecil dan menengah (IKM) karena dari jumlah unit usahanya yang mendominasi di tanah air, akan berperan besar dalam mendongrak pertumbuhan ekonomi nasional.

Catat Rekor Tertinggi, PMI Manufaktur Indonesia Kembali Lampaui China dan Korea

Kinerja sektor industri pengolahan nonmigas di tanah air terus menunjukkan geliatnya seiring dengan berjalannya kebijakan pemerintah yang probisnis. Hal ini tercemin dari capaian Purchasing Managers’ Index (PMI) manufaktur Indonesia pada bulan Oktober yang bertengger di level 57,2 atau naik dibanding bulan September yang berada di peringkat 52,2.

Transformasi Digital Sektor IKFT Dibeberkan di Forum Bisnis Expo 2020 Dubai

Sejumlah sektor industri kimia, farmasi, dan tekstil (IKFT) di tanah air telah bertransformasi ke arah digitalisasi dalam proses produksinya. Penerapan teknologi industri 4.0 di kelompok sektor manufaktur tersebut, diyakini mampu mendongkrak kinerja dan daya saingnya.

Tujuh Tahun Pemerintahan Jokowi, Ribuan Industri Besar Tumbuh di Luar Jawa

Kementerian Perindustrian bertekad untuk terus mendorong tumbuhnya sektor industri di luar Jawa dalam upaya pemerataan pembangunan dan ekonomi. Hal ini sejalan dengan salah satu poin Nawacita, yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Masih PD di Tengah Pandemi, Investasi Sektor Industri Tembus Rp237 Triliun

Di tengah kondisi ketidakpastian ekonomi global, sejumlah sektor industri masih percaya diri untuk menggelontorkan dananya di Indonesia dalam rangka membangun pabrik baru atau memperluas usaha (ekspansi). Hal ini tercermin dari realisasi investasi sektor industri sepanjang Januari-September 2021 yang mencapai Rp236,8 triliun atau memberikan kontribusi sebesar 35,9% pada total investasi nasional.

Refleksi Tujuh Tahun Pemerintahan Presiden Joko Widodo Dalam Pembangunan Industri Manufaktur

Refleksi Tujuh Tahun Pemerintahan Presiden Joko Widodo Dalam Pembangunan Industri Manufaktur

Kemenperin Dukung Pembangunan KI Teluk Bintuni Melalui Skema KPBU

Kementerian Perindustrian konsisten mengakselerasi pengembangan Kawasan Industri Teluk Bintuni. Upaya ini sebagai wujud dukungan dalam rencana pengembangan KI Teluk Bintuni yang dilakukan melalui skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) atau yang lebih dikenal dengan Public Private Partnership (PPP).

Kemenperin Branding Making Indonesia 4.0 di Perhelatan Expo 2020 Dubai

Kementerian Perindustrian akan hadir dan berpartisipasi aktif dalam perhelatan bergengsi tingkat dunia Expo 2020 Dubai pada tanggal 22 – 28 Oktober 2021. Expo 2020 Dubai merupakan World Expo ke-34 yang dilaksanakan selama enam bulan pada tanggal 1 Oktober 2021 hingga 31 Maret 2022.

Kemenperin: Penerapan Prokes Pacu Utilisasi Sektor Industri

Kementerian Perindustrian terus melakukan pemantauan terhadap aktivitas sektor industri, terutama dalam menerapkan protokol kesehatan pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Perindustrian Nomor 5 Tahun 2021 tentang Izin Operasional dan Mobilitas Kinerja Kegiatan Industri (IOMKI) Pada Masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19.

Hilirisasi Batubara, Menperin Dorong Pendirian Industri Pionir Coal to Methanol

Industri metanol merupakan salah satusektor prioritas yang sangat dibutuhkan untuk pengembangan industri di hilirnya. Dengan kebutuhan metanol mencapai 1,2 juta ton pada 2020, pembangunan industri gasifikasi coal to methanol diharapkan dapat berkontribusi pada substitusi impor dan pertumbuhan ekonomi nasional.

Dukung sektor Tpt pulih, Kemenperin luncurkan program Restrukturisasi Mesin

Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama satu tahun lebih ini telah memberikan dampak cukup berat (hard hit) terhadap kinerja industri tekstil dan produk tekstil (TPT). Guna meningkatkan kembali performa industri TPT sebagai sektor strategis, Kementerian Perindustrian menginisiasi Program Restrukturisasi Mesin/Peralatan pada Industri Penyempurnaan dan Pencetakan Kain.

Menperin Agus Optimistis Industri Tumbuh 5,5 Persen Tahun 2022

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita optimistis pertumbuhan industri pada tahun 2022 akan mampu menyentuh di angka 5-5,5 persen apabila tidak terjadi gelombang besar kasus Covid-19 di tanah air. Oleh karena itu, berbagai program dan kebijakan strategis yang mendukung laju kinerja sektor industri terus digulirkan guna menciptakan iklim usaha yang kondusif.

Serah Terima Mesin Uji Material Rockwool

Bertempat di Balai Besar Keramik pada hari Kamis, 30 September 2021 telah dilakukan serah terima Peralatan uji untuk material Rockwool. Acara ini berlangsung secara online dan offline. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa pejabat dari BSKJI dan perwakilan dari PT. Nichias Rockwool Indonesia diantaranya Muhammad Khayam (Dirjen IKFT), Doddy Rahadi (Kepala BSKJI), Mr. Kobayashi (Presdir PT. Nichias Rockwool Indonesia), Ivan Kuntara (Managing Director PT. Nichias Rockwool Indonesia), Enuh Rosdeni (Kepala PPPPSI),  Adie Rochmanto Pandiangan (Direktur ISKPBGNL)

Kembali Ekspansif, PMI Manufaktur Indonesia pada September 2021 Melampaui China

Sektor industri manufaktur kembali berekspansi pada September 2021. Hal ini dapat dilihat dari Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur Indonesia pada bulan September yang mencapai 52,2, melonjak dari angka 43,7 pada Agustus 2021. Capaian indeks PMI di atas 50 menunjukkan bahwa industri tengah berekspansi, dan menandakan optimisme pelaku industri dalam berusaha.

Kebijakan Industri Beroperasi 100% Pacu Pasar Ekspor dan Penambahan Pekerja

Kementerian Perindustrian proaktif melakukan monitoring aktivitas sektor industri yang beroperasi 100 persen pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Upaya ini sekaligus untuk memastikan penerapan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin.

DUKUNG SEKTOR TPT PULIH, KEMENPERIN LUNCURKAN PROGRAM RESTRUKTURISASI MESIN/PERALATAN

Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama satu tahun lebih ini telah memberikan dampak cukup berat (hard hit) terhadap kinerjaindustri tekstil dan produk tekstil (TPT). Guna meningkatkan kembali performa industri TPT sebagai sektor strategis, Kementerian Perindustrian menginisiasi Program Restrukturisasi Mesin/Peralatan pada Industri Penyempurnaan dan Pencetakan Kain.

IMPLEMENTASI IOMKI, MENGUNTUNGKAN INDUSTRI GARMEN DAN ALAS KAKI DI JAWA TENGAH

Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil (Dirjen IKFT) Kementerian Perindustrian melakukan kunjungan monitoring pelaksanaan operasional industri 100 persen pada masa PPKM di wilayah Jawa Tengah pada hari Selasa, 14 September 2021. Perusahaan yang dikunjungi adalah industri yang berkategori esensial, yaitu PT Globalindo Intimates (GI) di Klaten mewakili industri garmen dan PT Selalu Cinta Indonesia (SCI) di Salatiga mewakili industri alas kaki. Pada kunjungan tersebut Muhammad Khayam selaku Dirjen IKFT berdialog dengan pimpinan perusahaan tentang manfaat dan kendala implementasi kebijakan operasional industri 100 persen.

Pasok SDM Industri TPT, Kemenperin Teken MoU dengan Pemkot Surakarta

Kementerian Perindustrian terus berupaya meningkatkan kinerja industri tekstil dan produk tekstil (TPT) karena merupakan sektor yang memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional. Salah satu upaya strategis yang dilakukan adalah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten sesuai perkembangan teknologi saat ini.

Makin Beradaptasi dengan Protokol Kesehatan, Perusahaan IKFT Tingkatkan Produktivitas

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) secara aktif terus mengawal penerapan protokol kesehatan yang menjadi kunci pengembangan industri saat pandemi. Penerapan protokol kesehatan di perusahaan industri dan perusahaan kawasan industri memberikan ruang untuk tetap mempertahankan produktivitas sektor tersebut. Hal ini berdampak pada sektor ekonomi dan industri pengolahan yang telah menunjukkan pertumbuhan pada Triwulan II tahun 2021, sebesar 7,07% serta 6,91%.

Tetap Beroperasi, Industri Semen dan Plastik Patuhi Prokes

Kementerian Perindustrian terus berupaya memastikan penerapan protokol kesehatan di sektor industri berjalan dengan baik sesuai aturan yang telah ditetapkan. Hal ini seiring diterbitkannya Surat Edaran Menteri Perindustrian Nomor 3 Tahun 2021 tentang Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI) pada Masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19.

Masuk Kategori Kritikal, Produksi Industri Pestisida dan Keramik Tetap Dijaga

Kementerian Perindustrian gencar memantau langsung penerapan protokol kesehatan di berbagai sektor manufaktur yang tergolong kritikal atau esensial, termasuk pada industri kimia, farmasi, dan tekstil (IKFT). Upaya ini guna mendorong percepatan penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19 di tanah air.

Jaga Produktivitas Sektor IKFT, Kemenperin Dukung Industri Perketat Protokol Kesehatan

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mengawal secara langsung implementasi protokol kesehatan di industri yang memperoleh Izin Operasional dan Mobilisasi Kegiatan Industri (IOMKI). Melalui upaya tersebut, diharapkan aktivitas industri dapat terus berjalan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat, sehingga menurunkan risiko terjadinya klaster penyebaran Covid-19 di lingkungan pabrik.

Kemenperin Siap Cetak SDM Kompeten Industri Keramik dan Refraktori

Kementerian Perindustrian berupaya untuk meningkatkan daya saing industri keramik dan refraktori melalui penyediaan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten. Langkah nyata yang diwujudkan adalah meluncurkan Program Setara Diploma I (D1) Keramik dan Refraktori, yang akan dilaksanakan di Politeknik STMI Jakarta.

Tekan Bahan Baku Impor, Kemenperin Kuatkan Rantai Pasok Industri Refraktori

Kementerian Perindustrian terus berupaya menguatkan rantai pasok untuk industri refraktori sehingga dapat berdaya saing, baik di kancah domestik maupun global. Sebab, industri refraktori merupakan sektor padat modal yang perlu dipacu pengoptimalan bahan baku lokalnya seiring dengan implementasi kebijakan substitusi impor.

Kesiapan Sektor ITPT Mendukung Program Substitusi Impor 35% Pada Tahun 2022

Kementerian Perindustrian fokus mewujudkan program substitusi impor sebesar 35% pada tahun 2022. Target ini diakselerasi guna mendorong pemulihan ekonomi nasional akibat dampak pandemi Covid-19. Dalam target substitusi impor, tekstil dan produk tekstil menjadi salah satu komoditi yang menjadi pendorong utama tercapainya target substitusi impor 35%. Terdapat 548 pos tarif yang ditargetkan untuk diturunkan nilai impornya yang sebelumnya Rp 89.40 triliun pada tahun 2019 dapat disubstitusi sebesar Rp 31,18 tiliun khususnya untuk tekstil dan Rp 2,7 triliun untuk pakaian jadi dari sebelumnya Rp 7,71 triliun pada tahun 2019.

Peranan Industri Cat Dalam Negeri dalam mendukung Marine, Offshore dan Protective Coatings (MOPC)

Industri Cat merupakan industri strategis yang pertumbuhannya sangat terkait dengan industri lain. Segmen pasar cat sangat luas, meliputi Marine, Offshore and Protective Coating (MOPC); decorative; automotive; industrial (flooring and stoving); dan wood finishing untuk digunakan pada industri furniture dan industri kreatif lainnya. Total produsen cat dalam negeri sekitar 150 produsen dengan kapasitas sebesar 1.500.000 MT/Tahun. 

Strategi Industri Kimia Hulu Dalam Rangka Kebijakan Substitusi Impor

Kementerian Perindustrian telah meluncurkan program substitusi impor 35% pada tahun 2022. Langkah strategis Program Substitusi Impor 35% dicapai dengan melakukan penurunan impor melalui substitusi impor pada industri dengan impor besar. Hal ini dilaksanakan simultan dengan peningkatan utilisasi produksi pada seluruh sektor industri pengolahan, dengan target utilisasi 60% pada tahun 2020, 75% pada tahun 2021 dan 85% pada tahun 2022. Kemenperin menargetkan nilai substitusi pada tahun 2022 sebesar Rp152,83 triliun atau sebanyak 35% dari potensi impor tahun 2019 yang mencapai Rp434 triliun. Sektor Kimia Hulu salah satunya menjadi sektor yang ditargetkan dalam program Substitusi Impor 35%. Total impor Bahan Kimia di tahun 2019 mencapai sebesar US$ 18,9 miliar.

Penerapan SE Menperin 3/2021 Cegah Penyebaran Covid-19 di Sektor Industri

Kementerian Perindustrian terus memastikan perusahaan industri dan perusahaan kawasan industri tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan pemerintah. Guna mencapai sasaran tersebut, telah diterbitkan Surat Edaran Menteri Perindustrian Nomor 3 Tahun 2021 tentang Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri pada Masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19.

Kemenperin-Industri ‘Gotong Royong’ Penuhi Kebutuhan Oksigen Medis

Peran aktif para pelaku industri mendukung pemerintah dalam upaya percepatan penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19 di tanah air merupakan kontribusi penting yang diharapkan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Berbagai program sinergi antara pemerintah dan pelaku industri yang telah dilaksanakan antara lain adalah memfasilitasi pemberian bantuan oksigen medis untuk pasien Covid-19.

Naik 29 Persen, Investasi Industri Lampaui Rp 167 Triliun Semester I-2021

Sejumlah investor dari sektor industri manufaktur masih percaya diri untuk merealisasikan investasinya di Indonesia, meskipun dalam tekanan dampak pandemi Covid-19. Geliat investasi ini akan memperkuat struktur manufaktur di tanah air sehingga bisa meningkatkan daya saing.

Menperin Beberkan Potensi Industri Material Penopang Sektor Infrastruktur

Kementerian Perindustrian terus mendorong pengembangan dan daya saing industri material sebagai sektor yang menopang pembangunan infrastruktur dan properti di tanah air. Apalagi, pemerintah saat ini memprioritaskan sektor konstruksi publik untuk pemerataan pembangunan dan ekonomi nasional.

Kemenperin Pantau Langsung Penerapan IOMKI Saat PPKM Level 4

Kementerian Perindustrian aktif memantau secara langsung penerapan protokol kesehatan serta Izin Operasional dan Mobilisasi Kegiatan Industri (IOMKI) di sejumlah sektor industri manufaktur yang tergolong kritikal atau esensial, terutama dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 saat ini. Selain untuk mendorong percepatan penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19, langkah strategis ini juga diharapkan menjaga aktivitas produksi di sektor industri, sehingga mampu memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun ekspor.

Menperin Terima 600 Unit Oxygen Concentrator dari Perusahaan Industri Tekstil

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk sektor industri untuk memberikan dukungan dalam pemenuhan memenuhi kebutuhan gas oksigen medis bagi penanganan pasien Covid-19. Hal ini sesuai dengan tekad mengerahkan semua kemampuan industri dalam negeri untuk memenuhi lonjakan kebutuhan gas oksigen nasional.

Kemenperin Koordinasikan Produksi dan Distribusi Oksigen Medis Bagi Penanganan Covid-19

Kementerian Perindustrian proaktif melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait dalam upaya menangani kebutuhan gas oksigen untuk penanganan pasien Covid-19 di sejumlah daerah. Langkah sinergi tersebut untuk mempermudah dan mempercepat pelaksanaan program tersebut sehingga tepat sasaran.

Dapat Harga Gas Kompetitif, Sektor Industri Semakin Ekspansif

Kementerian Perindustrian menilai pemberlakuan harga gas industri sebesar USD 6 per MMBTU dapat memberikan efek ganda yang luas, mulai dari peningkatan utilitas produksi dan nilai ekspor hingga penambahan investasi. Dampak positif ini akan memacu daya saing sektor manufaktur dan pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19.

Di Tengah Lonjakan Kasus Covid-19, PMI Manufaktur Indonesia Masih Ekspansif

Sejumlah industri pengolahan nonmigas di tanah air masih melakukan perluasan usaha, yang tercermin dari capaian Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur Indonesia pada bulan Juni yang berada di level 53,5. Berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh IHS Markit tersebut, PMI di atas 50 menunjukkan geliat industri manufaktur dinilai ekspansif.

Menperin Resmikan Pabrik Daur Ulang Plastik Terbesar di Indonesia

Kementerian Perindustrian terus mendorong industri melakukan transformasi ke arah pembangunan berkelanjutan. Langkah strategis tersebut, salah satunya dijalankan melalui penerapan konsep industri hijau, yakni prinsip penggunaan sumber daya yang efisien, ramah lingkungan, dapat diguna ulang dan berkelanjutan serta memanfaatkan sampah sebagai energi alternatif.

Kemenperin Dukung Industri Prioritaskan Produksi Oksigen untuk Medis

Kementerian Perindustrian memprioritaskan produksi dan distribusi gas oksigen untuk kebutuhan medis, khususnya bagi penanganan pasien Covid-19. Sebelumnya rasio peruntukan oksigen bagi keperluan medis dan bagi industri adalah 40:60. Saat ini, rasio penggunaan oksigen menjadi 60:40 antara kebutuhan medis dan kebutuhan industri.

Penerapan Diskon Harga Gas Industri Terbukti Dongkrak Utilisasi dan Ekspor

Pemerintah telah memberlakukan harga gas untuk industri sebesar USD6 per MMBTU sesuai dengan implementasi Peraturan Presiden Nomor 40 Tahun 2016 tentang Penetapan Harga Gas Bumi. Kebijakan strategis ini diyakini mampu mendongkrak utilisasi dan daya saing sektor industri manufaktur di tanah air sehingga akan memberikan kontribusi signifikan terhadap upaya pemulihan ekonomi nasional.

Topang Ketahanan Pangan Nasional, Kemenperin Fokus Revitalisasi Industri Pupuk

Industri pupuk merupakan salah satu sektor strategis yang dapat memacu perekonomian nasional. Sebab, industri pupuk berperan penting dalam mendorong peningkatan produksi sektor pertanian yang mendukung program ketahanan pangan nasional di masa datang.

Kemenperin Pastikan Ketersediaan Tabung Gas Oksigen Medis Mencukupi

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Asosiasi Gas Industri Indonesia (AGII) dan para pelaku industri terkait terus mendukung penyediaan oksigen medis untuk kebutuhan perawatan pasien Covid-19. Ketersediaan tabung untuk oksigen bagi rumah sakit terus dipastikan jumlahnya agar mencukupi.

Menperin Gandeng Asosiasi Jaga Pasokan Oksigen Kebutuhan Rumah Sakit

Kementerian Perindustrian bersama Asosiasi Gas Industri Indonesia (AGII) dan para pelaku industri terkait, berupaya menjaga ketersediaan pasokan oksigen medis untuk kebutuhan sejumlah rumah sakit yang menangani pasien Covid-19 di seluruh wilayah Indonesia. Langkah sinergi ini diharapkan dapat membantu percepatan penanganan terhadap lonjakan kasus Covid-19 di beberapa daerah.

PPKM Mikro Diperketat, Menperin Imbau Industri Terus Terapkan Protokol Kesehatan dalam Kegiatan Produksi

Kondisi meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia mendorong kembali diterapkannya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kebijakan tersebut akan mulai berlangsung pada 22 Juni hingga 5 Juli 2021. Menanggapi hal tersebut, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengimbau para pelaku industri untuk terus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dalam melaksanakan kegiatan produksi.

Lulusan Perguruan Tinggi Vokasi Kemenperin Ini Langsung Diserap Industri TPT Skala Besar

Kementerian Perindustrian terus berupaya menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten untuk memenuhi kebutuhan sektor manufaktur, termasuk bagi industri tekstil dan produk tekstil (TPT). Penyediaan tenaga kerja yang terampil diyakini dapat memacu produktivitas dan daya saing sektor industri, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Akselerasi Industri Keramik, Kemenperin ‘Kawinkan’ Produsen dan Asosiasi Pengguna

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya mengakselerasi dan membangkitkan industri keramik nasional. Salah satu langkah yang dilakukan melalui business matching antara produsen keramik dengan asosiasi sektor pengguna. Upaya itu juga sekaligus untuk mendorong penerapan program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN).

Wujudkan Indonesia Mandiri Bidang Kesehatan, Kemenperin Optimalkan P3DN

Kementerian Perindustrian bertekad untuk turut mewujudkan kemandirian Indonesia dalam bidang kesehatan. Langkah strategis yang dijalankan antara lain adalah pelaksanaan kebijakan substitusi impor 35% pada tahun 2022, yang salah satunya didukung melalui program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Pemerintah Tetapkan Tujuh Jurus Untuk Genjot Pemanfaatan Alkes Dalam Negeri Dalam Rangka Bangga Buatan Indonesia

Pemerintah berkomitmen untuk mendorong percepatan pengembangan industri alat kesehatan (Alkes) dalam negeri. Pemerintah percaya bahwa produsen dalam negeri mempunyai kapasitas untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Menurut data Kementerian Kesehatan, 358 jenis Alkes yang sudah diproduksi di dalam negeri, 79 jenis Alkes sudah mampu mensubstitusi/menggantikan produk impor untuk kebutuhan nasional, antara lain elektrokardiogram, implant ortopedi, nebulizer dan oximeter. Hal ini membuktikan bahwa produsen Alkes dalam negeri dapat memenuhi kebutuhan pasar domestik serta menggantikan produk impor.

Tekan Bahan Baku Impor, Kemenperin Kuatkan Rantai Pasok Industri Refraktori

Kementerian Perindustrian terus berupaya menguatkan rantai pasok untuk industri refraktori sehingga dapat berdaya saing, baik di kancah domestik maupun global. Sebab, industri refraktori merupakan sektor padat modal yang perlu dipacu pengoptimalan bahan baku lokalnya seiring dengan implementasi kebijakan substitusi impor.

Indonesia dan Uzbekistan Berpeluang Kerja Sama di Sektor Industri Pupuk

Indonesia dan Uzbekistan berupaya untuk terus menguatkan kerja sama ekonomi yang komprehensif, khususnya di sektor industri. Kedua negara memiliki potensi untuk memperdalam struktur manufaktur melalui peningkatan investasi.

Kemenperin Gandeng Asosiasi Industri Kirim 3.500 Tabung Oksigen ke India

Kementerian Perindustrian menggandeng asosiasi dan pelaku industri untuk turut membantu India dalam memenuhi kebutuhan tabung oksigen guna perawatan pasien Covid-19. Kontribusi ini diharapkan meringankan dampak pandemi Covid-19 yang sedang melanda di India.

Tiga Langkah Strategis Pacu Substitusi Impor 35 Persen Sektor IKFT

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menginisiasi kebijakan substitusi impor sebesar 35 persen pada tahun 2022 dengan tujuan untuk memperbaiki neraca perdagangan nasional, terutama bagi bahan baku dan bahan penolong yang menjadi tulang punggung industri pengolahan nasional. Selain itu, diyakini kemampuan pasokan bahan baku dan bahan penolong di dalam negeri akan meningkat.

Naik 38 Persen, Sektor Manufaktur Realisasikan Investasi Hingga Rp 88 Triliun

Indonesia dinilai masih menjadi negara tujuan investasi bagi sejumlah industri skala global, sebagai basis produksinya guna memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor. Hal ini sejalan dengan tekad pemerintah dalam upaya menciptakan iklim usaha yang kondusif dengan memberikan kemudahan izin usaha dan berbagai insentif menarik.

Pacu Daya Saing, Kemenperin Dorong Produsen Batik Terapkan Industri Hijau

Kementerian Perindustrian terus memacu pengembangan industri batik nasional agar lebih berdaya saing global, termasuk mendorong untuk penerapan industri hijau. Langkah strategis yang perlu dijalankan antara lain mengoptimalkan pemanfaatan potensi sumber daya lokal terbarukan serta melakukan efisiensi energi dalam proses produksinya.

Dukung Konsep Berkelanjutan, IKM Tekstil Gunakan Bahan Baku Alam

Dukung Konsep Berkelanjutan, IKM Tekstil Gunakan Bahan Baku Alam. Industri tekstil merupakan salah satu industri yang memberikan kontribusi besar terhadap pendapatan negara. Namun di sisi lain, proses tekstil kerap diminta untuk menerapkan konsep ramah lingkungan oleh banyak pihak. Sustainable textile atau tekstil berkelanjutan merupakan salah satu upaya untuk menciptakan industri hijau yang ramah lingkungan.

Sinergi Mendorong Transformasi Industri 4.0 pada Sektor Farmasi Nasional

Pemerintah terus berupaya mendorong transformasi teknologi 4.0 pada sektor industri farmasi nasional, agar semakin berdaya saing serta mampu menjadi sektor yang mandiri di dalam negeri. Melalui upaya tersebut, diharapkan sektor tersebut mampu memenuhi kebutuhan domestik, dan secara bertahap dapat mengurangi ketergantungan terhadap produk-produk farmasi impor.

Industri Farmasi dan Alat Kesehatan Dipacu Terapkan Industri 4.0

Industri farmasi dan alat kesehatan telah ditetapkan menjadi sektor-sektor strategis dalam penerapan industri 4.0. Ketika Covid-19 masuk ke tanah air, permintaan terhadap vitamin, suplemen dan obat-obatan untuk menambah kekebalan tubuh meningkat. Seiring demand yang tinggi pada sektor tersebut, pemerintah menambahkan sektor alat kesehatan dan farmasi ke dalam sektor prioritas dalam Making Indonesia 4.0.

Kemenperin Dorong Pembangunan Industri Berkelanjutan

Kementerian Perindustrian sedang mengembangkan sebuah program terkait Smart-Eco Industrial Parks. Hal ini sejalan dengan upaya mewujudkan pembangunan industri yang berkelanjutan dan menerapkan prinsip industri hijau sehingga dapat meningkatkan daya saing.

Lewat Hannover Messe 2021, Indonesia Berbagi Peta Jalan Making Indonesia 4.0

Keikutsertaan Indonesia sebagai official partner country pada Hannover Messe 2021 Digital Edition bertujuan untuk membagikan kepada dunia mengenai pencapaian dalam implementasi peta jalan penerapan industri 4.0 di Indonesia. Mengusung tema “Making Indonesia 4.0”, Indonesia berupaya memanfaatkan ajang pameran teknologi terbesar di dunia itu untuk memperkenalkan kekuatan teknologi industri dan mendorong keterhubungan Indonesia dengan jejaring rantai suplai global.

Potret Kinerja Sektor IKFT Selama Pandemi Covid-19

Selama pandemi Covid-19, sektor industri kimia, farmasi, dan tekstil (IKFT) relatif mampu meminimalisir dampak yang dirasakan. Permintaan terhadap beberapa produk IKFT cukup meningkat, khususnya produk yang mendukung pencegahan dan pengobatan Covid-19 seperti masker, alat pelindung diri (APD), hand sanitizer, vitamin, obat-obatan, dan cairan pembersih.

Dampak Penyetaraan Jabatan Struktural Ke Fungsional

Penyederhanaan birokrasi merupakan amanat yang disampaikan Presiden Joko Widodo saat pelantikannya pada tanggal 20 Oktober 2019. Penyederhanaan birokrasi ini dilakukan pada tingkat kementerian, lembaga pemerintah dan pemerintah daerah. Salah satu implementasinya melalui pemangkasan jenjang struktural eselon III dan IV yang disetarakan ke dalam jabatan fungsional agar lebih menghargai keahlian dan kompetensi.

Pembinaan Industri Alas Kaki Nasional Terhadap Potensi Bahaya Produk K3L

Guna membendung banjirnya produk impor dari Tiongkok berupa barang tekstil dan produk tekstil (TPT) serta alas kaki, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 18 tahun 2019 tentang Metode Pengujian, Tata Cara Pendaftaran, Pengawasan, Penghentian Kegiatan Perdagangan Dan Penarikan Barang Terkait Dengan Keamanan, Keselamatan, Kesehatan, dan Lingkungan Hidup.

Menjalin Konektivitas Industri Tekstil Dengan Hub Online

Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) merupakan salah satu sektor yang terus digenjot kinerjanya lantaran punya peran penting sebagai penyumbang devisa ekspor. ISTIH diharapkan dapat menjadi media online yang menghubungkan industri kecil menengah dengan industri besar, sehingga minimum quantity yang ditentukan oleh industri besar dapat terpenuhi oleh industri kecil menengah yang sama yang dikumpulkan atau dikelola melalui platform tersebut.

Lindungan Industri Dalam Negeri, Kemenperin Rancang SNI Wajib Refraktori

Industri refraktori merupakan salah satu sektor padat modal yang membutuhkan bahan baku impor masih cukup tinggi. Produk refraktori antara lain digunakan sebagai pelapis untuk tungku, kiln, insinerator, dan reaktor tahan api pada industri semen, keramik, kaca dan pengecoran logam.

Penggunaan Fly Ash Dan Bottom Ash (Faba) Pada Industri Semen

Secara umum pengertian fly ash dan bottom ash (FABA) adalah partikel halus (berupa abu) sisa hasil pembakaran batubara, abu yang naik dan terbang disebut fly ash sedangkan yang tidak naik disebut bottom ash. Sumber utama FABA berasal dari proses pembakaran batubara pada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dan proses pembakaran batubara pada boiler dan/atau tungku pada industri.

Aspal Buton Sebagai Produk Unggulan Industri Strategis Nasional

Aspal Buton Sebagai Produk Unggulan Industri Strategis Nasional. Aspal Buton (Asbuton) adalah sumber daya alam Indonesia yang sangat kaya, tetapi belum termanfaatkan secara optimal.

Kinerja Industri Keramik Semakin Berkilau

Industri keramik merupakan industri prioritas untuk dikembangkan. Industri keramik di Indonesia telah berkembang dengan baik selama lebih dari 30 tahun dan merupakan salah satu industri unggulan dengan dukungan ketersediaan deposit tambang sebagai bahan baku keramik yang cukup besar di berbagai daerah.

Strategi Optimalisasi Industri Daur Ulang Plastik

Dalam memaksimalkan pengelolaan sampah plastik, pemerintah tengah mendorong pendekatan pengelolan sampah nasional berbasis pendekatan circular economy, di mana konsep ini didasarkan pada prinsip pemanfataan kembali untuk memaksimalkan nilai ekonomi dari barang-barang sisa konsumsi sehingga sumber daya yang tersedia akan terus termanfaatkan dan terus berputar dalam suatu lingkaran economy.

Potensi Pemanfaatan Limbah Ban Bekas

Potensi Pemanfaatan Limbah Ban Bekas. End life tire (ELT) merupakan istilah yang umumnya dikenal oleh industri produsen dan pengguna ban. ELT merupakan ban bekas yang sudah tidak dapat digunakan lagi atau divulkanisir. Ban-ban bekas tersebut berpotensi mencemari lingkungan sekitarnya apabila tidak diolah dikarenakan ban bekas tidak dapat terurai sendiri dan memerlukan pengolahan lebih lanjut untuk mengurainya .

Potensi Ekspor Produk Kosmetik Halal

Industri kosmetik, perawatan kulit dan personal care nasional merupakan salah satu sektor prioritas dan terus menunjukkan perkembangan positif baik peningkatan kebutuhan dalam negeri maupun kebutuhan ekspor.

Pengembangan Vaksin Covid-19 Di Dalam Negeri

Program vaksinasi merupakan wujud nyata dari upaya pemerintah dalam mempercepat penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Langkah ini diyakini pula dapat membangkitkan kembali gairah usaha dan kepercayaan bisnis bagi para investor atau pelaku industri di tanah air.

RAPEX Jadi Rujukan Industri Nasional Untuk Ekspor Ke Uni Eropa

RAPEX bertujuan untuk memberikan informasi kepada konsumen tentang produk yang menimbulkan risiko serius (produk berbahaya) dan tunduk pada peraturan perundangan Uni Eropa yang memastikan perlindungan tingkat tinggi yang konsisten untuk kesehatan dan keselamatan konsumen.

Optimistis! Investasi Proyek Tppi Bangkitkan Ekonomi Pasca-Pandemi

PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama atau yang biasa dikenal sebagai TPPI adalah sebuah perusahaan industri petrokimia di tanah air yang sangat strategis keberadaannya. Sejak dibangun dan dioperasikan secara komersial pada tahun 1995 di Tuban, Jawa Timur, TPPI diproyeksikan sebagai raksasa petrokimia di Asia Tenggara.

Progres Revitalisasi Pabrik Pupuk PUSRI-3B

Industri pupuk merupakan salah satu sektor strategis yang dapat memacu perekonomian nasional. Sebab, industri pupuk berperan penting dalam mendorong peningkatan produksi sektor pertanian sehingga mampu mendukung program ketahanan pangan nasional di masa datang.

Peluang Sektor Ikft Dalam Kerja Sama RCEP

Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) adalah perwujudan respons ASEAN terhadapdinamika ekonomi global dengan membentuk integrasi negara-negara anggota ASEAN dengan negara China, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Selandia Baru.

Hannover Messe 2021: Visi Industri Nasional Mendunia

Indonesia terus berjuang untuk menjadi pemimpin ekonomi digital di Asia Tenggara. Target itu diperkuat seiring telah diluncurkannya peta jalan Making Indonesia 4.0 pada tahun 2018, yang didedikasikan untuk modernisasi sektor manufaktur melalui pemanfaatan teknologi industri 4.0.

Program Kerja Dan Proyeksi Ditjen Ikft Tahun 2021

Sektor Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil (IKFT) merupakan salah satu kelompok manufaktur yang mendapat prioritas pengembangan oleh pemerintah. Sektor strategis ini dinilai mampu berkontribusi signifikan bagi upaya pemulihan ekonomi nasional dari tekanan pandemi Covid-19.

Sektor Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil Siap Terapkan Industri 4.0

Sektor Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil Siap Terapkan Industri 4.0

Menperin Optimistis Penerapan Industri 4.0 Pulihkan Ekonomi Nasional

Menperin Optimistis Penerapan Industri 4.0 Pulihkan Ekonomi Nasional.

Kemenperin Dorong Transformasi Pembangunan Industri Berkelanjutan

Kemenperin Dorong Transformasi Pembangunan Industri Berkelanjutan. Kementerian Perindustrian terus mendorong sektor industri manufaktur melakukan transformasi ke arah pembangunan berkelanjutan. Salah satu langkahnya melalui pelaksanaan konsep industri hijau, dengan prinsip menggunakan sumber daya yang eifisien, dapat diguna ulang, ramah lingkungan dan berkelanjutan, serta memanfaatkan sampah sebagai energi alternatif.

Topang Industri, Kemenperin Dukung Penataan Ekosistem Logistik Nasional

Topang Industri, Kemenperin Dukung Penataan Ekosistem Logistik Nasional. Pemerintah bertekad untuk melaksanakan penataan ekosistem logistik nasional, termasuk dalam upaya mendukung kelancaran aktivitas sektor industri. Langkah ini guna mendorong terciptanya iklim usaha yang kondusif sehingga dapat memacu perekonomian nasional.

Kemenperin-Pemkot Solo Ciptakan Tenaga Kerja Industri TPT Kompeten

Kementerian Perindustrian melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) meningkatkan kerja sama dengan Pemerintah Kota Solo dalam upaya pengembangan Solo Technopark.

Majukan Industri Alas Kaki, Kemenperin Cari Potensi Kreativitas Generasi Muda

Majukan Industri Alas Kaki, Kemenperin Cari Potensi Kreativitas Generasi Muda.

Pacu Industri Kerajinan dan Batik, Kemenperin Siap Gelar Innovating Jogja 2021

Pacu Industri Kerajinan dan Batik, Kemenperin Siap Gelar Innovating Jogja 2021.

Perkuat Kerja Sama RI-Jerman, Hannover Messe Juga Angkat Potensi Industri Nasional

Indonesia dan Jerman terus berupaya menguatkan kerja sama ekonomi yang kompehensif, khususnya di sektor industri. Kolaborasi kedua negara ini salah satunya diwujudkan melalui pelaksanaan Hannover Messe sebagai ajang pameran teknologi industri ternama di dunia.

Songsong 100 Tahun Pendidikan Tekstil Indonesia, Kemenperin Siapkan PIDI 4.0

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) fokus untuk memacu pengembangan sumber daya manusia (SDM) industri melalui pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan vokasi. Hal ini bertujuan untuk mendidik dan meluluskan tenaga kerja di sektor industri yang kompeten dan sesuai dengan kebutuhan saat ini, sehingga dapat berkontribusi meningkatkan daya saing dan produktivitas sektor manufaktur.

Dukungan Kebijakan Industri dalam Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan

Dukungan Kebijakan Industri dalam Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan.

Balai Kemenperin Fasilitasi Pengembangan Benang Serat Sintetis Fungsional

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memacu peningkatan daya saing industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional, salah satuya dengan berupaya mengurangi ketergantungan terhadap bahan baku tekstil impor. Langkah yang dilakukan antara lain dengan mendorong pengembangan bahan baku tekstil yang berbasis serat sintetis.

Kemenperin Dukung Target Penyerapan Garam Lokal Hingga 1,5 Juta Ton di 2021

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendukung penambahan serapan garam rakyat oleh sektor industri. Langkah ini diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani garam, sekaligus mendukung ketersediaan bahan baku garam bagi sektor industri.

Penuhi Kebutuhan Masker N95, Kemenperin dan BNPB Bangun Lab Pengujian

Distribusi alat material kesehatan (almatkes) masih menjadi prioritas utama Pemerintah terutama dalam memenuhi kebutuhan penanganan Covid-19 di seluruh wilayah di Indonesia. Dari data yang dilansir Satuan Tugas Penanganan Covid-19, hingga 7 Februari 2021, tercatat distribusi Almatkes berupa masker bedah sebanyak 25 juta buah, masker N95 lebih dari 8 juta buah, dan masker kain mencapai 23 juta buah.

Kemenperin Optimistis Hannover Messe 2021 Digital Edition Bawa Peluang Besar

Partisipasi Indonesia sebagai negara mitra resmi (official partner country) pada penyelenggaraan Hannover Messe 2021 dinilai merupakan salah satu momen penting dalam mempromosikan kemampuan teknologi industri di tanah air. Selain itu, diyakini dapat membawa peluang besar bagi Indonesia dalam menarik investasi dan memperluas pasar ekspor sektor industri, sehingga mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Sojitz Siap Kembangkan Industri Methanol dan Ammonia di Indonesia

Kementerian Perindustrian mendukung pengembangan industri methanol di Indonesia. Hal ini berangkat dari kebutuhan methanol yang semakin meningkat. Pasalnya, industri methanol memegang peranan yang sangat penting bagi pengembangan industri di hilirnya.

Lawatan ke Jepang, Menperin Sampaikan UU Cipta Kerja dan Berhasil Bawa Komitmen Investasi Industri Manufaktur Puluhan Triliun

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan beberapa pertemuan dengan pelaku industri otomotif, petrokimia, dan alas kaki, asosiasi pengusaha, serta pihak pemerintah Jepang.

Kemenperin Terus Benahi Sembilan Hambatan Pelaku Industri

Kementerian Perindustrian terus berupaya menyelesaikan berbagai tantangan yang sedang dihadapi pelaku industri di tanah air. Langkah ini guna mengakselerasi pengembangan sektor manufaktur nasional agar lebih berdaya saing di kancah global.

Dorong Hilirisasi Karet di Jambi, Kemenperin Kolaborasi dengan Pemda dan Bank Indonesia

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus memacu program hilirisasi produk karet melalui diversifikasi produk yang memiliki daya saing tinggi.Hal tersebut sebagai upaya mendorong sektor industri pengolahan karet agar semakin produktif, baik pada skala menengah besar, menengah, kecil, bahkan mikro.

Menperin: Pelaksanaan Vaksinasi Dorong Kinerja dan Gairah Usaha

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di lingkungan Kementerian Perindustrian.

Peserta Hannover Messe 2021 Siap Unjuk Keunggulan Industri Nasional

Pemerintah Indonesia sedang melakukan proses kurasi untuk para peserta yang akan terlibat dalam gelaran Hannover Messe 2021. Seluruh sektor industri yang berpartisipasi bakal menampilkan teknologi modern pada proses produksinya.

Siaran Pers Bersama: Pemerintah Berikan Bantuan 35 Juta Masker untuk Masyarakat Dalam Rangka Pelaksanaan PPKM Mikro

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian(Kemenperin) memberikan bantuan 35 Juta masker untuk masyarakat melalui Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Balai Kemenperin di Yogyakarta Aktif Dukung Pengembangan GeNose C19

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui salah satu unit kerjanya, yakni Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik (BBKKP) di Yogyakarta turut berkontribusi dalam pengembangan alat pendeteksi virus Covid-19 melalui hembusan nafas, yang dinamakan GeNose C19. Dalam hal ini, BBKKP Kemenperin menjalin kolaborasi dengan PT Yogya Presisi Teknikatama (YPTI) untuk mendukung pembuatan alat tersebut dalam konsorsium yang dipimpin…

Kemenperin Fasilitasi Industri TPT Optimalkan Teknologi dan Inovasi

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya mendorong optimalisasi pemanfaatan teknologi industri untuk mendongkrak daya saing sektor manufaktur nasional. Melalui langkah tersebut, diharapkan industri manufaktur tanah air akan terus berkontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi. “Guna terus melakukan perubahan, perlu menerapkan dan memanfaatkan teknologi terbaru,” kata Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin Doddy Rahadi di Jakarta, Jumat…

Kemenperin Jaga Pasokan Bahan Baku Garam untuk Sektor Industri

Kementerian Perindustrian terus berupaya menjaga pasokan bahan baku garam yang dibutuhkan oleh berbagai subsektor industri. Salah satu industri pengguna garam yang dijaga produktivitas dan daya saingnya adalah industri kertas. Dengan menjaga pasokan garam, diyakini dapat memacu pemulihan ekonomi nasional akibat dampak pandemi Covid-19. “Garam merupakan komoditas strategis yang penggunaannya sangat luas mulai dari industri petrokimia, pulp dan…

Hannover Messe 2021: Visi Industri Nasional Mendunia

Kementerian Perindustrian menilai penyelenggaraan Hannover Messe 2021 akan menjadi momentum penting bagi Indonesia dalam memacu branding nasional sekaligus mendorong peningkatan kapabilitas manufaktur dan pembangunan infrastruktur digital di tanah air. Ajang internasional itu juga diharapkan dapat membuka pandangan industri dunia tentang potensi besar Indonesia dalam menjalin kemitraan menuju transformasi industri 4.0. “Hannover Messe 2021 merupakan peluang besar bagi…

PT Kimia Farma Sungwun Pharmacopia Pacu Substitusi Impor Bahan Baku Farmasi

Pemerintah Indonesia terus berusaha mewujudkan kemadirian sektor farmasi. Bahkan, kemandirian sektor farmasi diharapkan mampu berkontribusi dalam program substitusi impor hingga 35% pada akhir 2022. Seperti diketahui, sektor farmasi memberikan kontribusi sangat signifikan terhadap porsi impor Indonesia. Berdasarkan catatan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), porsi impor bahan baku obat Indonesia mencapai 95%. Oleh karena itu, industri bahan baku…

Saatnya Menerapkan Sustainable Fashion

Konsep sustainable fashion mulai didengungkan untuk meningkatkan daya saing industri tekstil dan pakain di masa depan. Bagaimana perkembangannya? Sustainable fashion ini merupakan gerakan global yang menuntut pelaku industri tekstil dan pakaian untuk lebih ramah lingkungan di tengah menguatnya kesadaran terhadap kebutuhan produk yang berkelanjutan. Dalam 15 tahun terakhir, dunia fesyen memang berkembang pesat dan massif…

Merajut Strukturnya Demi Kinerja

Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) merupakan salah satu sektor yang terus digenjot kinerjanya lantaran punya peran sebagai penyumbang devisa dan penyerap tenaga kerja yang banyak. Kementerian Perindustrian aktif mengajak seluruh pemangku kepentingan terkait dalam upaya memacu kinerja industri TPT karena merupakan salah satu sektor yang terdampak cukup berat akibat pandemi Covid-19. Langkah strategis yang…

Serap Garam Lokal, Investasi Perlu Optimal

Kementerian Perindustrian terus berupaya menjaga ketersediaan garam untuk industri. Langkah ini guna memenuhi kebutuhan bahan baku bagi sektor manufaktur yang diproyeksi akan terus meningkat setiap tahunnya. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyebutkan, kebutuhan garam pada tahun 2020 mencapai 4,4 juta ton, dengan 84% dari angka tersebut merupakan kebutuhan industri manufaktur, ditambah adanya pertumbuhan industri eksisting…

Bisnis Obat Tradisional Kian Berkhasiat

Industri obat tradisional dan kosmetik berbahan alam memiliki potensi yang besar untuk terus dikembangkan. Hal ini mengingat terdapat keanekaragaman hayati yang cukup melimpah di tanah air. “Lebih dari 30 ribu spesies tanaman obat ada di Indonesia, dari 40 ribu spesies tanaman obat dunia. Jadi, hampir tiga per empat dari spesies ini ada di Indonesia,” kata…

Semakin Mantap Adopsi Teknologi Industri 4.0

Kementerian Perindustrian terus mengukur kesiapan sejumlah sektor manufaktur di tanah air dalam melakukan transformasi industri 4.0. Penilaian ini disebut dengan Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (Indi 4.0), yang merupakan bagian dari implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0. Sebagai bentuk apresiasi terhadap capaian Indi 4.0 oleh perusahaan, Kemenperin memberikan penghargaan INDI 4.0 Tahun 2020. Adapun kriteria…

Balai Kemenperin Tingkatkan Nilai Tambah Kulit Buaya Jadi Produk Kerajinan

Kementerian Perindustrian terus mendorong pengoptimalan potensi di berbagai daerah di Indonesia melalui kegiatan produksi industri. Langkah strategis ini guna meningkatkan nilai tambah sumber daya lokal sehingga memacu perekonomian masyarakat di wilayah tersebut. “Salah satunya yang kami pacu adalah Provinsi Papua, khususnya di Kabupaten Mamberamo Raya. Kabupaten ini dialiri oleh tiga sungai besar yang menjadi habitat…

Kemenperin Pertajam Taji Industri Farmasi dan Alat Kesehatan

Industri farmasi dan alat kesehatan merupakan salah satu sektor yang mampu mencatatkan kinerja gemilang di tengah gempuran dampak pandemi Covid-19. Hal ini disebabkan tingginya permintaan domestik terhadap produk dari kedua sektor strategis tersebut. “Oleh karena itu, Kementerian Perindustrian bertekad untuk mewujudkan kemandirian industri obat dan alat kesehatan di Indonesia, serta mendorong sektor ini agar dapat…

Berkah Saat Pandemi, Penjualan Melambung Tinggi

Tak sedikit perusahaan manufaktur yang tertekan selama pandemi covid-19, bahkan banyak perusahaan yang merumahkan karyawannya agar tetap survive. Hanya sedikit perusahaan yang bisa bertahan, perusahaan farmasi misalnya, subsektor ini mendapat berkah selama pandemi. Hal itu diakui oleh Abelardo Rafael Riveron Mora, Presiden Direktur PT. Schott Igar Glass-perusahaan yang memproduksi kemasan farmasi. Pertumbuhan penjualan selama triwulan…

Optimalkan TKDN, Perkenalkan OMAI

Perusahaan farmasi Dexa Group menegaskan komitmennya terkait pengoptimalan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN). Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam memacu kemandirian industri nasional dan substitusi impor. Presiden Direktur PT. Ferron Par Pharmaceutical, Krestijanto Pandji mengatakan bahwa pihaknya turut memperjuangkan implementasi TKDN. Adapun Ferron merupakan anak usaha Dexa Group. Krestijanto menerangkan Dexa merupakan perusahaan farmasi…

Kemenperin Akselerasi Penggunaan Serat Alam Jadi Bahan Baku Industri

Kementerian Perindustrian akan semakin gencar mendorong percepatan implementasi penggunaan material lokal sebagai bahan baku industri, yang sejalan dengan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia dan target substitusi impor 35% tahun 2022. Guna mencapai sasaran tersebut, salah satu upaya yang dipacu adalah memajukan industri serat alam. Menteri PerindustrianAgus Gumiwang Kartasasmita selalu menegaskan kepada para pelaku industri di…

Balai Litbang Kemenperin Dukung Industri Hilirisasi Karet Alam

Kementerian Perindustrian berkomitmen untuk mendorong sektor industri pengolahan karet agar semakin produktif dan memiliki daya saing serta mampu melakukan diversifikasi produk dengan terus memacu program hilirisasi produk karet. Hal ini didukung potensi Indonesia yang menjadi produsen karet alam terbesar kedua di dunia. “Kontribusi sektor industri pengolahan karet nasional terhadap perolehan devisa mencapai USD3,422 miliar pada…

Angin Segar di Tengah Pandemi

Diskon harga gas hingga USD 6 per million British thermal unit (MMBTU) diyakini menjadi angin segar bagi sejumlah sektor industri yang terkena pukulan berat karena pandemi Covid-19. Mereka berharap aturan ini segera berlaku merata ke semua pengguna gas. Pemerintah telah memberlakukan harga gas untuk industri sebesar USD6 per MMBTU sesuai dengan implementasi Peraturan Presiden Nomor…

Utilisasi Naik 65 Persen, Kinerja Industri Keramik Semakin Kemilau

Kementerian Perindustrian terus memacu produktivitas dan daya saing industri keramik di tanah air. Sebab, sektor ini mempunyai potensi dan peluang yang besar untuk dikembangkan di dalam negeri seiring dengan ketersediaan sumber daya alam yang dijadikan bahan baku, tersebar di sejumlah daerah. “Secara kapasitas dan kemampuan, industri keramik kita telah mampu memenuhi kebutuhan nasional. Namun demikian,…

Sektor Andalan Bagi Pemulihan Ekonomi Nasional

Industri kimia, farmasi dan tekstil (IKFT) merupakan kelompok manufaktur yang mendapat prioritas pengembangan oleh pemerintah. Sektor strategis ini dinilai mampu berkontribusi signfikan bagi upaya pemulihan ekonomi nasional dari tekanan pandemi Covid-19. Kementerian Perindustrian bertekad untuk terus memacu kinerja sektor IKFT agar lebih produktif dan berdaya saing di tengah kondisi sulit karena pandemi. Berbagai kebijakan dan…

PT Pan Brothers Tbk Wujudkan Kemandirian Industri APD dan Masker

Semakin merebaknya virus corona atau Covid-19 di Indonesia membuat kebutuhan akan masker dan alat medis lainnya melonjak tajam. Beberapa pelaku industri pun akhirnya banting setir untuk memproduksi masker dan memasarkannya secara luas. Hal itu pun turut dirasakan produsen garmen berorientasi ekspor, PT Pan Brothers Tbk (PBRX). Tak tanggung-tanggung, perusahaan pilot project INDI 4.0 dari Kementerian…

Potensi Besar Industri Rock Wool

Industri rock wool masih memiliki potensi pasar yang cukup besar. Oleh karena itu, masih berpeluang untuk terus ditumbuhkembangkan melalui peningkatan produksi dan investasi. Kementerian Perindustrian sedang berupaya keras mendorong peningkatan utilisasi di seluruh sektor manufaktur, terutama yang terdampak pandemi Covid-19. Berbagai kebijakan strategis telah dirancang sesuai kebutuhan pelaku industri saat ini sekaligus menciptakan iklim usaha…

Industri Perlu Optimalkan Teknologi Kelola Limbah

Kementerian Perindustrian mendorong sektor industri manufaktur untuk dapat melakukan pengelolaan limbah produksinya dengan baik dan tepat. Langkah ini sebagai upaya guna mewujudkan pembangunan industri nasional yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan “Memacu daya saing sektor industri juga tidak bisa lepas dari peran perusahaan melakukan pengelolaan limbah yang dihasilkan,” kata Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil…

Kemenperin Susun Strategi Percepat Pemulihan Industri TPT Saat Pandemi

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memacu kinerja sektor industri tekstil dan produk tekstil (TPT) agar tetap produktif di tengah hantaman pandemi Covid-19. Terlebih, sektor tersebut menjadi salah satu andalan dalam Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) 2015-2035 dan yang diprioritaskan pengembangannya berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0. “Industri TPT adalah salah satu sektor yang paling tua,…

Struktur Hulu-Hilir Kian Terintegrasi, Kemenperin Kerek Ekspor Industri TPT

Kementerian Perindustrian aktif mengajak seluruh pemangku kepentingan terkait dalam upaya memacu kinerja industri tekstil dan produk tekstil (TPT) karena merupakan salah satu sektor yang terdampak cukup berat akibat pandemi Covid-19. Langkah strategis yang sedang dijalankan antara lain adalah meningkatkan nilai ekspor dari produk unggulan nasional tersebut. “Industri TPT menjadi bagian dari sektor yang mendapat prioritas…

Sektor Alas Kaki Terus Menanjak

Industri alas kaki nasional mampu menapaki kemampuannya di kancah global, dengan menghasilkan beragam produk yang berkualitas dan inovatif. Industri alas kaki di dalam negeri cukup bergeliat. Indonesia mampu menempakan diri diposisi keempat sebagai produsen alas kaki terbesar di dunia, di bawah China, India, dan Vietnam dengan share terhadap total produksi dunia sebesar 6,3 persen. Di…

Kunker Menperin di PT. Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI)

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang (tengah) didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono (kiri) serta Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil (IKFT) Kemenperin, Muhammad Khayam (kanan) memberikan pemaparan pada saat kunjungan kerja di PT. Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Tuban, Jawa Timur. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang memastikan langsung proyek revamping di PT. Trans-Pacific Petrochemical…

“Memberi Formula yang Tepat untuk Persaingan yang Semakin Ketat”

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memacu kinerja industri kimia, farmasi, dan tekstil (IKFT) agar mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian nasional. Untuk itu, diperlukan kebijakan strategis guna mencapai target kinerja yang telah ditetapkan. Kemenperin mencatat pada triwulan III tahun 2020, kontribusi sektor IKFT menembus hingga 4,49%. Adapun sektor utama penyumbang terbesar yaitu industri kimia, farmasi…

Pembukaan Hari Batik Nasional 2020

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan sambutannya secara virtual melalui konferensi video saat pembukaan Hari Batik Nasional Tahun 2020 di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, 2 Oktober 2020. Dalam sambutannya, Menperin mengatakan, saat ini Kemenperin terus meningkatkan kompetensi SDM IKM batik, mendorong peningkatan kualitas produk batik, memfasiliatsi dan memperkuat branding, serta kerja sama dang Yayasan Batik…

Ekspor, Solusi Hadapi Oversupply

Upaya peningkatan ekspor menjadi harapan satu-satunya bagi pelaku industri semen di tanah air untuk mempertahankan kinerjanya di tengah lesunya permintaan domestik akibat pandemi Covid-19. Asosiasi Semen Indonesia (ASI) berupaya akan menggenjot ekspor hingga 8 juta ton pada tahun 2020 atau naik 23% dibanding tahun lalu. “Kami meminta kepada para anggota ASI agar menjadikan ekspor sebagai…

Menperin Mengunjungi Yayasan Batik Indonesia

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita yang didampingi oleh Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA), Gati Wibawaningsih (kanan) serta Direktur Industri Kecil dan Menengah Kimia, Sandang, Kerajinan dan Industri Aneka, E. Ratna Utarianingrum (kiri) berbincang bersama pengurus yang juga pendiri Yayasan Batik Indonesia (YBI), Jultin Ginandjar Kartasasmita (dua dari kiri) saat mengunjungi Yayasan Batik…

Menperin Menerima Kunjungan Dewan Pengurus ASAKI

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita yang didampingi oleh Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil Muhammad Khayam menerima kunjungan Dewan Pengurus Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (ASAKI) di gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, 10 Agustus 2020. Dalam kunjungannya, Edi melaporkan capaian industri keramik di Indonesia khususnya di semester I tahun 2020. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita…

Sektor Farmasi dan Alat Kesehatan Jadi Prioritas

Kementerian Perindustrian fokus mewujudkan industri farmasi dan alat kesehatan agar bisa menjadi sektor yang mandiri di dalam negeri. Artinya, mampu memenuhi kebutuhan masyarakat domestik sehingga secara bertahap dapat mengurangi ketergantungan terhadap produk-produk impor. “Kami mendorong agar sektor industri farmasi dan alat kesehatan dapat menjadi pemain utama dan tuan rumah di negeri sendiri. Apalagi, sektor industri…

Memacu Industri Pelumas Semakin Licin

Industri pelumas merupakan salah satu sektor yang berperan penting dalam menopang aktivitas manufaktur lainnya. Bagaimana upaya yang dilakukan oleh pemerintah guna menumbuhkan industri pelumas di tanah air? Kementerian Perindustrian terus mendorong peningkatan investasi di sektor industri pelumas guna memenuhi kebutuhan pasar domestik hingga ekspor. Selain memasok permintaan sektor otomotif, apabila nanti kapasitas produksi terdongkrak, industri…

Kunker Menperin ke PT Dexa Laboratories

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita yang didampingi oleh Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil Muhammad Khayam mendengar penjelasan dari Presiden Direktur PT Dexa Medica Ferry Soetikno saat melakukan kunjungan kerja ke PT Dexa Medica di Cikarang, 11 Maret 2020. Saat ini, Kementerian Perindustrian terus mendorong industri farmasi di dalam negeri agar semakin meningkatan kegiatan…

Kunjungan Kerja Menteri Perindustrian di PT Kalbio Global Medika

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kanan) didampingi Direktur Jenderal Industri Kimia Farmasi dan Tekstil Muhammad Khayam (kiri) berbincang-bincang dengan Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk Vidjongtius (tengah) saat kunjungan kerja di PT Kalbio Global Medika di Cikarang, 11 Maret 2020. Menperin mengatakan bahwa pemerintah telah mencanangkan program akselerasi pengembangan sektor strategis tersebut melalui penerbitan Paket…

Perkuat Struktur Industri Farmasi, Kemenperin Dorong Riset Berbasis Inovasi

Kementerian Perindustrian terus mendorong industri farmasi di dalam negeri agar semakin meningkatan kegiatan risetnya, sehingga dapat menghasilkan inovasi produk yang berdaya saing tinggi. Langkah ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pasar domestik dan permintaan ekspor. “Kami ingin memperkuat struktur industri farmasi di dalam negeri. Salah satunya melalui kegiatan riset, seperti untuk pengembangan obat herbal,” kata Menteri…

Menperin Melepas Ekspor Pipa Fiberglass Produksi PT FPI

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mendengar penjelasan dari Chief Commercial Officer PT. Future Pipe Industries (FPI) Imad Makhzoumi saat mencoba masuk kedalam pipa yang akan diekspor ke Amerika Serikat sebelum melepas ekspor pipa produksi PT FPI di Tangerang, Banten, 26 Februari 2020. Di tahun 2020, PT FPI mulai mengekspor pipa fiberglass senilai USD 20 juta…

Pabrik Pelumas Senilai USD 52 Juta Beroperasi di Cikarang

Industri pelumas di dalam negeri terus menunjukkan geliat positifnya, yang dibuktikan melalui adanya penambahan penanaman modal pada sektor tersebut. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk terus mendorong penciptaan iklim investasi yang kondusif di Tanah Air. “Di tengah perlambatan ekonomi dunia, masih ada sejumlah investasi dan ekspansi sektor industri di Indonesia. Apalagi, pemerintah sedang gencar…

Investor Inggris Akan Bangun Industri Ban Pesawat Senilai Rp 1 Triliun

Kementerian Perindustrian terus mendorong tumbuhnya industri pengolahan karet di dalam negeri. Hal ini dapat memperkuat struktur manufaktur di sektor tersebut agar lebih berdaya saing. “Kami menyambut baik dengan adanya rencana investasi retreading dan produksi band pesawat terbang dari Dunlop Aircraft Tyres. Kita ketahui, Dunlop adalah pemain besar, termasuk untuk memproduksi ban pesawat terbang,” kata Menteri Perindustrian Agus…

Industri Tekstil dan Pakaian Tumbuh Paling Tinggi

Industri tekstil dan pakaian jadi  merupakan sektor manufaktur yang mencatatkan pertumbuhan paling tinggi pada triwulan III tahun 2019 sebesar 15,08 persen. Capaian tersebut melampaui pertumbuhan ekonomi 5,02 persen di periode yang sama. “Berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0, industri tekstil dan pakaian sebagai satu dari lima sektor manufaktur yang sedang diprioritaskan pengembangannya terutama dalam kesiapan memasuki…

Berorientasi Ekspor, Industri Tekstil dan Alas Kaki Sumbang USD 19 Miliar

Industri tekstil, kulit dan alas kaki merupakan salah satu sektor penyumbang devisa negara yang cukup signfikan, salah satunya melalui capaian nilai ekspor pada tahun 2018 sebesar USD18,96 miliar atau berkontribusi hingga 10,52% dari total ekspor nasional. Selain itu, sektor yang tergolong padat karya tersebut, telah menyerap tenaga kerja sebanyak 4,65 juta orang. “Industri tekstil, kulit…

Ekspor Industri TPT Semakin Menanjak, Surplusnya Ikut Melonjak

Kementerian Perindustrian membidik nilai ekspor dari industri tekstil dan produk tekstil (TPT) sepanjang tahun 2019 akan menembus USD15 Miliar. Target ini meningkat dibanding capaian pada tahun lalu sebesar USD13,27 miliar. “Kami melihat industri TPT nasional masih tumbuh dengan baik. Apalagi surplusnya signifikan. Kalau masih ada impornya, yaitu bahan baku untuk diolah lagi di dalam negeri…

Pasar Industri Plastik dan Karet Masih Prospektif

Industri plastik dan karet merupakan sektor manufaktur yang dinilai masih memiliki peluang pasar cukup besar. Produk yang dihasilkan kedua sektor tersebut sangat vital, karena dibutuhkan sebagai bahan baku untuk beragam industri lain dari hulu sampai hilir. “Peluang pasar pada industri plastik dan karet masih sangat besar sekali, seperti kebutuhan bahan baku plastik hingga 7 juta ton per tahun, sedangkan kitabaru bisa suplai 2,3 juta ton.…

Industri Petrokimia Skala Besar Siap Investasi di Gresik

Kementerian Perindustrian terus mendorong peningkatan investasi di sektor industri petrokimia. Selain menumbuhkan sektor hulu, tujuannya juga guna mendongkrak kapasitas produksi sehingga dapat memenuhi kebutuhan di pasar domestik dan ekspor sekaligus sebagai substitusi impor. “Industri petrokimia merupakan sektor hulu yang berperan penting dalam menunjang kebutuhan produksi di sejumlah manufaktur hilir. Produk yang dihasilkan oleh industri petrokimia,…

Lampaui 18 Persen, Industri Tekstil dan Pakaian Tumbuh Paling Tinggi

Industri tekstil dan pakaian jadi menorehkan kinerja yang gemilang pada triwulan I tahun 2019. Sepanjang tiga bulan tersebut, pertumbuhan industri tekstil dan pakaian jadi tercatat paling tinggi dengan mencapai 18,98 persen. Jumlahnya naik signifikan dibanding periode yang sama tahun lalu di angka 7,46 persen dan juga meningkat dari perolehan selama 2018 sebesar 8,73 persen. Data…

Pasar Besar, Industri Kaca Alat Farmasi dan Kesehatan Tambah Kapasitas

Kementerian Perindustrian terus memacu pengembangan industri kaca untuk alat-alat farmasi dan kesehatan. Berdasarkan Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN)Tahun 2015-2035,industri tersebut menjadi sektor prioritas karena guna memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri, menjadi substitusi impor, dan mampuberdaya saing di kancah internasional. “Di samping itu, Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2016 tentang Percepatan Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan mengamanatkan bahwa untuk mendukung percepatan pengembangan…

Produksi Industri Alas Kaki RI Pijak Posisi 4 Dunia

Industri alas kaki nasional mampu menapaki kemampuannya di kancah global, dengan menghasilkan beragam produk yang berkualitas dan inovatif. Sepanjang tahun 2018, industri alas kaki di Indonesia mencatatkan jumlah produksinya mencapai 1,41 miliar pasang sepatu atau berkontribusi 4,6 persen dari total produksi sepatu dunia. “Dari capaian tersebut, Indonesia menduduki posisi ke-4 sebagai produsen alas kaki di…

Industri Kaca Lembaran Tambah Kapasitas Jadi 1,34 Juta Ton

Industri kaca lembaran mengalami peningkatan kapasitas produksi seiring adanya perluasan usaha dari salah satu produsen guna memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor. Langkah ekspansi ini sekaligus menandakan bahwa iklim usaha di Indonesia masih kondusif. “Kapasitas produksi terpasang industri kaca lembaran nasional meningkat menjadi 1,34 juta ton per tahun dari sebelumnya sebesar 1,13 juta ton per…

Pemerintah Dongkrak Produktivitas Industri Tekstil dan Pakaian

Pemerintah sedang melakukan identifikasi terhadap industri tekstil dan produk tekstil (TPT) yang akan meningkatkan kapasitas produksinya baik untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri sebagai substitusi impor maupun keperluan mengisi kancah ekspor. Kepada perusahaan-perusahaan tersebut, pemerintah siap memberikan beberapa kemudahan fasilitas. “Fasilitas itu antara lain, kemudahan untuk impor mesin mesin dan barang modal yang lebih cepat,…

Shell Jadi Pelumas Internasional Pertama yang Bersertifikasi SNI

INDUSTRY.co.id – Jakarta, Guna mendukung pertumbuhan pelumas baik di Indonesia, PT Shell Indonesia meluncurkan produk pelumas Shell dengan sertifikasi Standar Lubricants Indonesia (SNI). Peluncuran yang dihadiri oleh Direktur Jendetal Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka (IKTA) Kementerian Perindustrian digelar di Pabrik Pelumas Shell Indonesia di Marunda, Bekasi, Rabu (15/8/2018). Direktur Pelumas PT Shell Indonesia Dian Andyasuri…

Berita Satu : Industri Kimia Bisa Kurangi Defisit Neraca Perdagangan

Bontang – Menteri Perindustrian Airlangga Hartato mengatakan, di tengah defisit neraca perdagangan, industri kimia seperti penghasil amonium nitrat berperan penting untuk mensubstitusi impor karena kapasitas produksinya sudah mampu memenuhi kebutuhan pasar domestik. “Kami dorong domestic market lebih optimal, dan terus digenjot untuk ekspor,” ujar dia saat melakukan kunjungan kerja di PT Pupuk Kaltim, Bontang, Kalimantan Timur, Sabtu (7/7).…

Proyek Pemerintah Wajib Gunakan Produk Dalam Negeri

SEMARANG, KRJOGJA.com – Direktur Industri Kimia Hilir Kementerian Perindustrian Dr Ir Taufiek Bawazier mengatakan, mulai 2018 ini semua pengadaan proyek pemerintah harus menggunakan produk dalam negeri. Bagi BUMN dan BUMD yang melanggar aturan tersebut akan berhadapan dengan BPK. Taufiek Bawazier mengatakan hal ini kepada wartawan di sela sela fokus grup diskusi (FGD) di Semarang Selasa…

Produksi plastik Indonesia penuhi standar mutu internasional

Produksi plastik Indonesia mampu memenuhi baku mutu internasional, yang dibuktikan dengan diterimanya produk tersebut di negara yang dikenal menerapkan standar kualitas tinggi, seperti Jepang. Direktur Industri Kimia Hilir Kementerian Perindustrian Taufiek Bawazier di Semarang, Selasa, menyatakan ekspor pipa plastik pada 2017 mencapai 14,86 ribu ton dengan nilai 56,04 juta dolar AS. “Ekspor pipa plastik Indonesia…

Regulasi Tax Holiday Baru Tarik Investasi Sektor Industri Hulu

Kementerian Perindustrian menyambut positif terbitnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 35 tahun 2018 tentang Pemberian Fasilitas Pengurangan Pajak Penghasilan (PPh) Badan yang telah diundangkan pada tanggal 4 April 2018. Melalui implementasi kebijakan ini, diharapkan semakin mudah menarik investasi industri pionir di Indonesia serta memberikan kepastian dalam mendapatkan fasilitas tax holiday tersebut. “Kami mendorong adanya fasilitas…

Industri Komitmen Serap Garam Petani 1,43 Juta Ton Tahun Ini

Kementerian Perindustrian memfasilitasi kerja sama antara industri pengolah garam nasional dengan petani garam lokal sebagai salah satu upaya mengoptimalkan penyerapan garam hasil produksi dalam negeri. Penyerapan garam hasil produksi dalam negeri oleh industri tersebut, ditargetkan sebanyak 1.430.000 ton pada tahun 2018. “Kami mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi para industri dan petani garam nasional atas kontribusi…

Genjot Investasi dan Ekspor, Kemenperin Dorong Sektor IKTA Perdalam Struktur

Industri Kimia, Tektsil, dan Aneka (IKTA) merupakan kelompok sektor manufaktur yang berkontribusi signfikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. Oleh karena itu, Kementerian Perindustrian terus berupaya mengakselerasi pertumbuhan sektor IKTA melalui pendalaman struktur industri serta melakukan peningkatan investasi dan ekspor. “Kami telah memiliki berbagai langkah strategis dalam mendorong pengembangan industri nasional, termasuk di sektor IKTA…

Republika : Indonesia Berpotensi Jadi Pusat Industri Petrokimia Asia

6 Februari 2018 REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Indonesia berpotensi menjadi pusat pertumbuhan industri petrokimia. Bahkan industri petrokimia Indonesia bisa kompetitif di tingkat ASEAN maupun Asia. “Industri petrokimia sebagai salah satu sektor hulu yang menyediakan bahan baku untuk hampir seluruh sektor hilir, seperti industri plastik, tekstil, cat, kosmetik hingga farmasi sehingga keberlanjutan dalam pembangunan industri petrokimia sangat…

Kontan : Indonesia Berpotensi Jadi Pusat Industri Petrokimia Asia

5 Februari 2018 KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Kementerian Perindustrian (Kemperin) menjabarkan di tahun 2017 lalu pertumbuhan sektor Industri Kimia, Tekstil dan Aneka (IKTA) berada di angka 4,42%. Jumlah ini masih terbilang rendah dibandingkan pertumbuhan ekonomi makro nasional. Menurut Achmad Sigit Dwiwahjono, Dirjen Industri Kimia, Tekstil dan Aneka (IKTA), pertumbuhan industri petrokimia lebih tinggi dari rata-rata industri lainnya. Tahun…

Berita Satu : Impor Garam Tepat Sasaran untuk Penuhi Kebutuhan Industri

5 Februari 2018 Jakarta- Importasi garam yang dilakukan oleh pemerintah dipastikan tepat sasaran untuk memenuhi kebutuhan industri berbagai sektor seperti tekstil, kosmetik, pengasinan, dan juga bahan pangan. Direktur Jenderal Industri Kimia Tekstil dan Aneka (IKTA) Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan. importasi garam sangat penting untuk mendukung kebutuhan industri garam. “Import bahan baku garam sebesar…

SIaran Pers Kemenperin : Indonesia Berpotensi Jadi Pusat Pertumbuhan Industri Petrokimia

5 Februari 2018 Kementerian Perindustrian terus mendorong pertumbuhan industri petrokimia di Indonesia karena berperan penting dalam memenuhi kebutuhan produksi di sektor manufaktur lainnya. Dengan sifatnya yang padat modal, padat teknologi, dan lahap energi, pengembangan industri petrokimia perlu mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. “Industri petrokimia sebagai salah satu sektor hulu yang menyediakan bahan baku untuk hampir…

Siaran Pers Kemenperin : Kemenperin Prioritaskan Industri Berorientasi Ekspor

1 Februari 2018 Kementerian Perindustrian memprioritaskan pengembangan industri yang berorientasikan ekspor guna memacu pertumbuhan ekonomi nasional. Untuk itu diperlukan langkah strategis agar sektor manufaktur tersebut dapat meningkatkan produktivitas dan daya saingnya di kancah global. “Sektor manufaktur masih menjadi andalan ekspor kita. Jadi, Kemenperin ini seperti pemain tengah yang mengirimkan bola ke Kementerian Perdagangan. Tinggal Kemendag…

Pemenuhan Garam Industri Topang Keberlanjutan Produksi dan Investasi

Ketersediaan bahan baku menjadi salah satu faktor penting dalam menunjang keberlanjutan produksi dan investasi di sektor industri. Oleh karena itu, Pemerintah berupaya untuk memberi kemudahan termasuk izin importasi bahan baku garam untuk kebutuhan sejumlah manufaktur. “Pemenuhan bahan baku untuk industri tentu membawa multiplier effect bagi perekonomian nasional. Misalnya, impor bahan baku garam sebesar 3,7 juta…

Resmi! Beli Mainan untuk Pribadi dari Luar Negeri Boleh Tanpa SNI

JawaPos.com – Polemik perlu tidaknya sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) hasil pembelian mainan dari luar negeri untuk koleksi pribadi terjawab sudah. Pada Senin (22/1), Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) menggelar rapat bersama Badan Standarisasi Nasional (BSN), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk menyelesaikan masalah tersebut. Hasilnya, berpihak pada masyarakat. Dari hasil rapat,…

AntaraNews.com : Kemenperin kembali berlakukan restrukturisasi mesin tekstil

Jumat, 19 Januari 2018 12:08 WIB Jakarta (ANTARA News) – Kementerian Perindustrian kembali melakukan program peremajaan atau restrukturisasi mesin untuk industri tekstil yang sempat dihentikan pada 2015 untuk dievaluasi. “Iya (kembali dilakukan), tapi dalam bentuk lain,” kata Dirjen Industri Kimia Tekstil dan Aneka Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono yang dihubungi di Jakarta, Jumat. Menurut Sigit,…

Antaranews.com : Sektor IKTA bidik pertumbuhan 4,5 persen

Jumat, 19 Januari 2018 12:43 WIB Jakarta (ANTARA News) – Kementerian Perindustrian membidik pertumbuhan Industri Kimia Tekstil dan Aneka (IKTA) mampu tumbuh 4,5 persen hingga akhir Desember 2018. “Kimia, tekstil kita targetkan 4,5 persen. Kimia dan farmasi ini banyak tantangannya, tapi ya bisa tumbuh 7-8 persen, paling besar kontribusinya,” kata Dirjen IKTA Kementerian Perindustrian Achmad…

Bisnis.com : Produksi Bahan Baku Petrokimia Terus Dipacu

18 Januari 2018; 20:46 WIB Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah terus berupaya untuk memperkecil kesenjangan antara produksi bahan baku petrokimia di dalam negeri dan impor. Kementerian Perindustrian misalnya menargetkan kebutuhan etilen dalam industri dapat terpenuhi di dalam negeri pada 2021—2022. Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil dan Aneka Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan seiring dengan peningkatan kapasitas kilang…

WartaEkonomi.co.id : BASF Tetap Jadikan Indonesia Target Investasi

Rabu, 17 Januari 2018 18:04 WIB Perusahaan kimia terkemuka di dunia, PT Badische Anilin-und Soda-Fabrik (BASF) memandang Indonesia masih menjadi pasar yang potensial untuk industri kimia terutama yang mendukung produksi barang konsumsi. Presiden Direktur BASF Indonesia Daniel Loh mengungkapkan jumlah populasi yang sangat besar, perekonomian yang stabil, dan kelas menengah yang tumbuh pesat menjadi indikator…

AntaraNews.com : Kementerian Perindustrian ingin TPPI Tuban kembali produksi aromatik

Rabu, 17 Januari 2018 12:16 WIB Jakarta (ANTARA News) – Dirjen Industri Kimia Tekstil dan Aneka Kementerian Perindustrian, Achmad Dwiwahjono, menginginkan agar PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) kembali memproduksi salah satu bahan baku industri kimia kembali, yakni senyawa aromatik. “Saya minta tolong untuk TPPI Tuban yang notabenenya sekarang dimiliki oleh Pertamina dan pemerintah, agar…

Bisnis.com : Kemenperin Proyeksi Investasi IKTA Capai Rp117 Triliun

16 Januari 2018 Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan nilai investasi sektor Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka (IKTA) pada 2018 akan mencapai Rp117 triliun, lebih tinggi dari proyeksi realisasi 2017 yang sekitar Rp94 triliun. Direktur Jenderal (Dirjen) IKTA Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan proyeksi penanaman modal sektor IKTA tahun ini diperkirakan berkontribusi sekitar 33%…

Metrotvnews.com : Kemenperin Bidik Investasi Industri Kimia dan Tekstil Rp117 Triliun

Selasa, 16 Jan 2018 16:19 WIB Bandung: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membidik nilai investasi sektor industri kimia, tekstil, dan aneka (IKTA) pada 2018 mencapai Rp117 triliun atau naik dari realisasi 2017 yang diperkirakan Rp94 triliun. Dirjen IKTA Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono melalui keterangan tertulisnya mengatakan proyeksi penanaman modal dari sektor IKTA pada 2018 bakal menyumbang 33…

Antaranews.com : Sektor IKTA bidik investasi Rp117 triliun

Selasa, 16 Januari 2018 14:26 WIB Bandung (ANTARA News) – Kementerian Perindustrian RI menargetkan nilai investasi di sektor industri kimia, tekstil, dan aneka (IKTA) pada 2018 akan mencapai Rp117 triliun atau naik dari realisasi tahun 2017 yang diperkirakan menembus angka Rp94 triliun. “Industri farmasi serta produk obat kimia dan tradisional akan memberikan kontribusi pertumbuhan paling…

Bisnis.com : Pemerintah Lanjutkan Peremajaan Mesin Tekstil

9 Januari 2018 Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perindustrian berencana kembali melanjutkan program restrukturisasi industri tekstil setelah program ini diberhentikan pada 2015 untuk dievaluasi. Achmad Sigit Dwiwahjono, Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka Kemenperin, mengatakan setelah dievaluasi, program restrukturisasi untuk mesin dan peralatan tekstil ternyata sangat efektif dalam mendorong pertumbuhan industri ini, terutama dalam meningkatkan…

Investor Daily : Industri Keramik Minta Harga Gas Turun Tahun Ini

Senin, 8 Januari 2018 | 18:23 JAKARTA – Para pelaku usaha keramik yang tergabung dalam Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) mendesak pemerintah menurunkan harga gas industri tahun ini. Sebab, rencana penurunan harga gas sudah diumumkan sejak lama, namun belum direalisasikan. Ketua Asaki Elisa Sinaga mengatakan, sepanjang 2017, tarif gas untuk industri keramik sangat mahal dan…

Bisnis.com : Investor dari Negara Ini Diajak Bangun Pabrik Mainan Anak-Anak

5 Januari 2018 Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perindustrian berupaya meningkatkan kapasitas produksi mainan anak dengan mengajak investor China untuk masuk ke dalam negeri. Dirjen Industri Kimia Tekstil dan Aneka Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan bahwa impor mainan anak saat ini semakin tinggi. Pada tahun lalu, impor mainan anak naik lebih dari 20% secara tahunan. “Untuk…

Bisnis.com : Harga Gas bagi Industri Belum Tentu Bisa Turun

27 Desember 2017 Bisnis.com, JAKARTA—Harga gas bagi industri tertentu belum tentu bisa turun menjadi US$6 per juta British thermal unit (MMBtu) bila pun penerimaan negara bukan pajak (PNBP) migas dipangkas. Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan terdapat usulan dari Kementerian Perindustrian agar Peraturan Presiden No.40/2016 bisa dijalankan. Adapun, dalam beleid…

MetroTVNews.com : Pemerintah Bahas Penurunan Harga Gas untuk Empat Industri

Suci Sedya Utami • Rabu, 27 Dec 2017 21:01 WIB Jakarta: Pemerintah melalui rapat koordinasi di tingkat Kemenko Perekonomian kembali membicarakan kebijakan penurunan harga gas untuk industri yang belum seluruhnya terimplementasi. Setidaknya dalam paket kebijakan ekonomi jilid III diamanatkan penurunan harga gas untuk tujuh jenis industri. Namun, baru tiga industri yang dapat diterapkan yakni pupuk,…

Bisnis.com : Ini Industri Prioritas Yang Dikembangkan Tahun 2018

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah menetapkan sejumlah industri yang menjadi prioritas untuk dikembangkan salah satunya industri petrokimia. Direktur Jenderal Industri Kimia Tekstil & Aneka, Achmad Sigit Dwiwahjono menuturkan dalam rapat yang digelar di kantor Menko bidang Perekonomian ada sejumlah industri prioritas yang perlu dikembangkan pada tahun depan. “Rapat tadi bahas industri prioritas yang perlu dikembangkan. Kalau…

Bisnis.com : Tunggu 3 Tahun Lagi untuk Capai Keseimbangan Baru di Industri Semen

Bisnis.com, JAKARTA—Kelebihan pasokan yang kini terjadi di industri semen diperkirakan akan berkurang dan mencapai keseimbangan baru pada 3 tahun mendatang. Dirjen Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka (IKTA) Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan kondisi oversupply semen baru akan mencapai keseimbangan baru dalam kurun waktu 2 hingga 3 tahun ke depan seiring pertumbuhan ekonomi. Selama menunggu…

Bisnis.com : Pasokan Gas Tak Mampu Penuhi Kebutuhan Pabrikan di Sumatra Utara

Bisnis.com, JAKARTA—Kebutuhan gas bumi untuk pabrikan di Sumatra Utara semakin jauh melampaui pasokan gas. Hasilnya, produktivitas manufaktur di wilayah ini pun terganggu. Dirjen Industri Kimia Tekstil dan Aneka Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono berpendapat pabrikan yang beroperasi di Sumatra Utara sudah cukup lama menghadapi ketidakpastian terkait defisit pasokan gas. Menurutnya, pertumbuhan kebutuhan gas bumi untuk…

Investor Daily : Industri TPT Serap 22,5% Tenaga Kerja Industri

JAKARTA – Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) membutuhkan 135 ribu orang per tahun, atau setara 22,5% dari total penyerapan tenaga kerja di seluruh sektor industri yang sebanyak 600 ribu orang per tahun. “Sektor industri TPT ini sebagai jaring pengaman sosial, karena mampu menyerap tenaga kerja yang banyak,” kata Direktur Jenderal Industri Kimia, dan Aneka…

Siaran Pers Kemenperin : Dari Bandung, Kemenperin Pasok 356 Naker Kompeten untuk Industri TPT

Sebanyak 356 lulusan Politeknik STTT Bandung siap berkontribusi dalam peningkatan produktivitas dan daya saing industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional. Salah satu unit pendidikan milik Kementerian Perindustrian ini fokus membidangi program studi terkait industri TPT.   “Industri TPT merupakan sektor padat karya. Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang kompeten, Kemenperin telah memiliki berbagai program strategis melalui pendidikan dan pelatihan vokasi,” kata…

Siaran Pers Kemenperin : Industri Mainan Nasional Kuasai Pasar Global

  Industri mainan nasional telah menunjukkan daya saingnya di kancah global. Hal ini sekaligus mampu membuktikan bahwa Indonesia termasuk dalam negara-negara produsen utama untuk beberapa produk unggulan yang telah mendunia. “Kami memberikan apresiasi kepada PT Mattel Indonesia dalam pengembangan industri mainan di Indonesia yang telah beroperasi sejak tahun 1992. Ini menunjukkan kepercayaan Mattel terhadap iklim…

Kemenperin Rancang Aturan Terkait Dampak Bahan Kimia Industri

Kementerian Perindustrian sedang merancang sebuah peraturan mengenai penanggulangan keadaan darurat dari bahan kimia industri. Regulasi yang akan tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian ini menekankan pada standardisasi personil, peralatan, pelatihan, dan sertifikasi di perusahaan atau kawasan industri. “Upaya ini sesuai amanat Undang-undang Nomor 3 tahun 2014 tentang Perindustrian pada Pasal 101 ayat (6), yang menyatakan bahwa…

WartaEkonomi.co.id : Bangun Pabrik Baru di Indonesia, Kohler Gelontorkan USD100 Juta

Pabrikan produk sanitasi, Kohler menunjukkan keseriusan untuk menggarap besarnya potensi pasar di Indonesia. Ini terlihat dari langkah perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu dengan mendirikan pabrik baru. Proses pembangunan ditandai dengan seremonial groundbreaking pabrik, Selasa (28/11/2017). Kohler memilih untuk mendirikan pabrik perdananya di Greenland International Industrial Center (GIIC), DE No. 1, Kota Deltamas, Desa Pasir…

Kemenperin Perdalam Struktur Industri Farmasi Nasional

Kementerian Perindustrian tengah memprioritaskan pendalaman struktur industri farmasi nasional terutama di sektor hulu atau produsen penyedia bahan baku farmasi. Upaya strategis ini untuk mengurangi ketergantungan terhadap produk impor. “Pemerintah telah menyediakan beberapa insentif fiskal seperti tax allowance dan tax holiday,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Peresmian Pabrik Produksi Sediaan Steril PT. Ethica Industri Farmasi…

Dongkrak Daya Saing Industri TPT, Kemenperin Pasok SDM Kompeten

Kementerian Perindustrian tengah memprioritaskan pengembangan industri tekstil dan produk tekstil (TPT) agar semakin berkinerja positif dan berdaya saing global. Industri TPT merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional serta merupakan industri prioritas yang padat karya dan berorientasi ekspor. “Untuk itu, kami telah mengambil beberapa langkah strategis, antara lain melalui penguatan pendidikan…

Bisnis.com : Pemerintah Prioritaskan Pengembangan Petrokimia

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah berupaya mengakselerasi pengembangan industri petrokimia di dalam negeri. Direktur Industri Kimia Hulu Kementerian Perindustrian Muhammad Khayam menyatakan terdapat dua pabrikan petrokimia yang tengah melakukan ekspansi. Dua perusahaan itu adalah PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. dan Lotte Chemical Titan. Keduanya tengah mempersiapkan pembangunan pabrik naphtha cracker di Cilegon. “Nah cuma memang kita kan tidak…

Menperin Pacu Investasi SCG Senilai USD600 Juta

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mendorong realisiasi investasi dari manufaktur besar Thailand, Siam Cement Group (SCG), yang berencana membangun fasilitas produksi naphtha cracker senilai USD600 juta di Cilegon, Banten. Diharapkan, pabrik ini akan memenuhi kebutuhan bahan baku di dalam negeri sehingga dapat mengurangi impor. “Kami berharap investasi ini bisa segera terwujud, mengingat pentingnya bagi penguatan industria…

Kompas.com : Industri Karet dan Plastik Diproyeksi Akan Sumbang Rp 86 Triliun di Akhir 2017

Industri plastik dan karet merupakan industri yang perlu didorong perkembangannya karena memiliki potensi pasar sangat prospektif. Baik di dalam, maupun di luar negeri. Plastik merupakan produk yang sangat luas penggunaannya. Plastik dan karet adalah barang konsumsi, sekaligus bahan baku industry. Misalnya saja seperti industri makanan dan minuman, elektronik, kosmetik, farmasi, otomotif, maupun untuk pendukung konstruksi.…

Bisnis.com : Harga Gas Industri di Sumut Masih Beratkan Pabrikan

Bisnis.com, JAKARTA—Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar mengatakan saat ini kondisi pasokan gas di Sumatra Utara belum memenuhi kebutuhan industri sehingga harus mengambil dari daerah lain yang lebih jauh, seperti Lampung. Walaupun harga gas yang diterima dinilai masih mahal, tetapi pelaku industri tidak memiliki pilihan lain karena pasokan gas yang kurang. “Saat ini harga gas…

Bisnis.com : Pabrikan Semen Optimistis Target Tercapai

Bisnis.com, JAKARTA—Produsen semen optimistis membidik target yang lebih tinggi pada tahun depan karena pemerintah meningkatkan alokasi belanja sebesar 6% untuk pendanaan infrastrutur dan proyek strategis. “Dengan demikian, permintaan semen kami harap terus meningkat,” ujar Ketua Umum Asosiasi Semen Indonesia Widodo Santoso, Selasa (14/11). Konsumsi semen pada Oktober lalu naik 12,5% year-on-year menjadi 6,76 juta ton.…

Kontan.co.id : Arwana perbesar pabrik Palembang

KONTAN.CO.ID – MOJOKERTO. PT Arwana Citramulia Tbk berencana menambah kapasitas produksi pabrik di Plant IV Palembang, Sumatra Selatan sebesar 7 juta meter persegi (m²) keramik per tahun. Tambahan kapasitas itu akan menggenapi total kapasitas Plant IVmenjadi 15 juta m² keramik per tahun. Arwana menjadwalkan penambahan kapasitas pabrik mulai kuartal I 2018. “Tanahnya sudah tersedia, sekarang kami sedang melihat kondisi,…

AntaraNews.com : PT Pertamina Lubricants jajaki perluasan ekspor minyak pelumas

Jakarta (ANTARA News) – PT Pertamina Lubricants gencar menjajaki kerja sama strategis untuk memperluas ekspor minyak pelumas produksi anak perusahaan PT Pertamina itu. “Saat ini kami sudah ekspansi ke 14 negara dan memiliki 16 distributor pelumas di luar negeri. Untuk penetrasi secara global, kami gencar menjajaki kerja sama strategis dengan menerapkan multidistributorship,” kata Vice President…

Bisnis.com : Permintaan Obat Terdongkrak, Margin Tergerus

JAKARTA—Pabrikan farmasi mengeluhkan penurunan margin yang terjadi justru di tengah peningkatan permintaan obat generik. Wakil Ketua Umum GP Farmasi Ferry Soetikno menyatakan kenaikan permintaan dari pengadaan obat generik dibayangi dengan penurunan harga acuan lelang dalam beberapa tahun terakhir. “Penetapan pemenang lelang berbasis harga paling mengorbankan kualitas karena kalau tidak margin semakin tertekan,” ujarnya. Penurunan margin…

Siaran Pers Kemenperin : RI-Korsel Sepakati Kemitraan Strategis Khusus Pacu Industrialisasi

Pemerintah Indonesia dan Korea Selatan telah sepakat membuat payung kerja sama dalam upaya mempercepat pengembangan sektor industri potensial di antara kedua negara. Langah sinergi yang antara lain meliputi kebijakan industri, peningkatan investasi, dan transfer teknologi diharapkan mampu mendorong perekonomian yang saling menguntungkan. Komitmen bilateral ini ditandai melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan oleh Menteri…

Siaran Pers Kemenperin: Kerja Sama RI-Korea di Sektor Industri Menjadi Penting

Pemerintah Korea Selatan menyatakan bahwa penguatan kerja sama dengan Indonesia pada saat ini menjadi penting. Salah satu yang difokuskan adalah pengembangan industri baik skala besar maupun kecil dan menengah. “Presiden Moon tadi manyampaikan hal tersebut, karena selama ini Korea bekerja sama dengan Rusia, Jepang, dan China. Mereka sedang membuat kebijakan untuk bersinergi dengan ASEAN termasuk…

Menperin Mintta Lotte Cepat Bangun Pabrik Petrokimia

Banten: Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto meminta Lotte Chemical Titan untuk mempercepat realisasi pabrik petrokimia yang akan dibangun di Cilegon, Banten. Di sela forum bisnis Indonesia-Korea Business Roundtable ia mengatakan proyek petrokimia senilai USD3,5 miliar itu rencananya akan dibangun pada akhir 2018. “Tadi kami sudah rapat dengan mereka bagaimana agar proyek ini bisa dipercepat. Sekarang…

Menperin dan Korsel bahas percepatan investasi

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Kedatangan rombongan Kepresidenan Korea Selatan menjadi salah satu momentum kerjasama bisnis di Tanah Air. Salah satu agenda dalam kunjungan bilateral ini, dimanfaatkan Kementerian Perindustrian (Kemperin) untuk mempercepat proses bisnis yang tengah berlangsung. Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto bilang, pihaknya mendorong pembahasan detil dua proyek industri yang tengah berlangsung. Pertama, pembahasan percepatan realisasi kerjasama Lotte…

Siaran Pers Kemenperin: Pabrik Kembang Api Harus di Kawasan Industri dan Seizin Pemerintah Pusat

Pabrik Kembang Api Harus di Kawasan Industri dan Seizin Pemerintah Pusat Kementerian Perindustrian berpandangan bahwa perizinan untuk industri kembang api seharusnya diberikan oleh Pemerintah Pusat dengan pertimbangan aspek pengelolaan bahan berbahaya dan beracun (B3). Di samping itu, industri kembang api harus berada di dalam kawasan industri, walaupun tergolong skala industri kecil. “Dalam Peraturan Pemerintah (PP)…

SIARAN PERS KEMENPERIN : Investasi Industri Produk Kulit dan Alas Kaki Tembus Rp7,6 Triliun

Investasi Industri Produk Kulit dan Alas Kaki Tembus Rp7,6 Triliun Industri kulit, produk kulit dan alas kaki menunjukkan kinerja yang positif. Hingga menjelang akhir tahun 2017, investasi sektor ini telahmencapai Rp7,62 triliun atau naik empat kali lipat dibandingkan tahun lalu. “Di sektor industri alas kaki, Indonesia berhasil menduduki posisi kelima sebagai eksportir dunia setelah Tiongkok,…

Kemenperin: pabrik kembang api harus di kawasan industri

Kemenperin: pabrik kembang api harus di kawasan industri Senin, 6 November 2017 12:39 WIB | 397 Views Pewarta: Sella Panduarsa Gareta Jakarta (ANTARA News) – Kementerian Perindustrian berpandangan bahwa perizinan untuk industri kembang api seharusnya diberikan oleh Pemerintah Pusat dengan pertimbangan aspek pengelolaan bahan berbahaya dan beracun (B3). Dan, industri kembang api harus berada di…

Kemenperin: Pabrik Kembang Api Seharusnya Berada di Kawasan Industri

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -‎ ‎Kementerian Perindustrian menilai perizinan untuk industri kembang api seharusnya diberikan oleh pemerintah pusat dengan pertimbangan aspek pengelolaan bahan berbahaya dan beracun (B3). Disamping itu, industri kembang api harus berada di dalam kawasan industri, walaupun tergolong skala industri kecil. “Dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 142 Tahun 2015 tentang…

Permintaan Tekstil dan Produk Tekstil di Domestik Naik 30 Persen, Dongkrak Utilisasi Produksi

Pada semester I tahun 2017, industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional mengalami peningkatanpermintaan hingga 30 persen, khususnya pasar dalam negeri, sehingga ikut mendorong kenaikan utilisasiproduksi mencapai 5-10 persen. Bahkan, laju pertumbuhan dari sektor padat karya berorientasi eksporini juga menanjak sebesar 1,92 persen (YoY) dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya. “Kinerja positif ini dinilai…

Pabrikan Kaca Yakin Permintaan Cerah Jelang Akhir Tahun

Bisnis.com, JAKARTA—Pelaku industri kaca optimistis permintaan pada akhir tahun akan membaik didorong oleh penguatan sektor properti. Ketua Asosiasi Kaca Lembaran dan Pengaman Yustinus Gunawan menyatakan kenaikan permintaan domestik setiap akhir terjadi beriringan dengan tren penguatan sektor properti. “Penjualan biasanya selalu terangkat pada kuartal terakhir, menyesuaikan dengan tren penjualan properti. Tapi bukan hanya itu, biasanya permintaan…

Kawasan Industri Teluk Bintuni Masuk Proyek Percepatan

Pemerintah akan memasukkan Teluk Bintuni sebagai proyek prioritas nasional. Saat ini pemerintah sedang melakukan revisi terhadap Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 58 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Perpres 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Direktur Industri Kimia Hulu, Kementerian Perindustrian, Muhammad Khayam mengatakan, usulan Teluk Bintuni menjadi kawasan yang pembangunannya masuk dalam proyek…

Menperin Minta Mitsubishi Tambah Investasi Garmen Hingga Petrokimia

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mendorong Mitsubishi Corporation agar terus berinvestasi di Indonesia sekaligus meningkatkan kemitraan dengan para pelaku industri lokal. Perusahaan raksasa Jepang tersebut memiliki potensi besar untuk memacu pengembangan daya saing dan produktivitas di berbagai sektor manufaktur dalam negeri. “Sejumlah anak perusahaan dan afiliasi Mitsubishi Corporation mampu terlibat dalam berbagai kegiatan usaha skala global.…

Industri Keramik Dapat Gas Murah

JAKARTA – Kementerian Perindustrian berniat memasukkan industri keramik ke dalam sektor yang mendapatkan insentif alokasi gas murah. Hal tersebut sekaligus memperluas porsi penurunan gas industri ke sektor swasta setelah selama ini didominasi perusahaan BUMN. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan, pihaknya telah mengajukan usulan kepada Kementerian ESDM mengenai jenis industri yang dalam waktu dekat akan mendapatkan…

SNI Wajib Mainan Anak dorong pertumbuhan

Jakarta (ANTARA News) – Standar Nasional Indonesia wajib Mainan Anak yang diberlakukan sejak tiga tahun lalu dinilai mampu mendorong pertumbuhan industri ini di dalam negeri. “SNI wajin bisa mendongkrak mainan anak di dalam negeri. Importasi mainan anak di cek SNI nya, nah itu menambah biaya dan prosedur,” kata Dirjen Industri Kimia Tekstil dan Aneka Kementerian…

Pengembangan Industri Plastik dan Karet Hilir Prospektif

Industri plastik dan karet hilir memiliki potensi besar untukdikembangkan di Indonesia karena tingkat konsumsi terhadap kebutuhan komoditas tersebut cukup tinggi. Misalnya, diserap oleh sektor-sektor manufaktur strategis, seperti industri kemasan untuk makanan dan kosmetika, elektronika, serta otomotif yang memanfaatkan sebagai bahan baku dalam proses produksinya. ”Pengembangan industri plastik dan karet di dalam negeri masih prospektif, mengingat…

Pelaku Industri Ingin Formulasi Harga Gas Berbasis Produk

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, pelaku industri menginginkan penghitungan harga gas untuk industri agar berbasis pada produk yang dihasilkan, tidak lagi berdasarkan harga tetap. Formulasi ini diharapkan mampu memacu penyerapan gas lokal, seperti dari Blok Masela, Maluku dan Teluk Bintuni, Papua Bara “Kami juga ingin formulasinya itu berbasis produk, bukan fixed. Sekarang ada sedikit perubahan…

Nilai Potensi Capai USD 5 M, Industri Farmasi Kuasai 70 Persen Pasar Domestik

Industri farmasi nasional terus menunjukkan kinerja yang semakin positif dengan mampu menyediakan kebutuhan obat untuk pasar dalam negeri sebesar 70 persen. Bahkan, dalam kelompok industri kimia, farmasi dan obat tradisional, sektor ini mengalami pertumbuhan cukup tinggi mencapai 7,38 persen pada kuartal II tahun 2017 atau setelah perolehan industri logam. “Nilai pasar produk farmasi di Indonesia…

Industri Cat Ekspansi Rp 250 Miliar Hasilkan Produk Ramah Lingkungan

Industri cat di dalam negeri semakin meningkatkan daya saingnya agar mampu berkompetisi di lokal dan global. Langkah ini diwujudkan oleh PT Propan Dekorindo Raya, anak perusahaan PT Propan Raya dengan memperluas pabriknya untuk menghasilkan produk cat ramah lingkungan berbasis air (water based). “Kami memberikan apresiasi terhadap ekspansi ini sebagai bentuk komitmen untuk berinovasi dan menambah…

Industri Rock Wool Tambah Kapasitas Produksi 20 Ribu Ton Per Tahun

Industri di dalam negeri semakin bergeliat dengan menunjukkan aktivitas perluasan usahanya seiring kebijakan pemerintah menciptakan iklim usaha yang kondusif. Langkah ekspansi ini diharapkan dapat mengurangi ketergantungan terhadap produk impor serupa sehingga menghemat devisa negara.   “Momentum inijuga menjadisalah satu indikasi bahwa Indonesia adalah negara yang menjanjikan untuk investasi sekaligus pasar yang sangat potensial,” kata Sekjen…

Kemenperin Bidik Ekspor TPT Capai USD15 Miliar Tahun 2019

Kementerian Perindustrian memproyeksikan nilai ekspor industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional akan tumbuh pesat dalam dua tahun ke depan. Optimisme ini seiring dengan berbagai program dan insentif yang diberikan pemerintah untuk memacu kinerja sektor unggulan tersebut. “Industri TPT merupakan sektor padat karya berorientasi ekspor. Pada tahun 2019, kami menargetkan ekspornya bisa mencapai USD15 miliar…

Tumbuh Positif, Ekspor Industri TPT Naik Jadi USD 7 Miliar Semester I/2017

Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional terus menunjukkan kinerja yang positif baik di pasar domestik maupun ekspor. Pada semester I tahun 2017, laju pertumbuhan dari sektor padat karya berorientasi ekspor ini mengalami peningkatan sebesar 1,92 persen (YoY) dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya minus 0,13 persen.   “Selain itu, ekspor TPT juga mengalami…

Back To Top